Angin Kencang Landa Solo, Sejumlah Pohon Tumbang

SOLO  – Hujan yang disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon di beberapa titik di Kota Solo, Selasa sore, tumbang tetapi kejadian itu, tidak sampai menyebabkan adanya korban jiwa.

Berdasarkan pantauan di sejumlah lokasi di Solo, menyebutkan, sebuah pohon tumbang terjadi terjadi di Jalan A. Yani Kerten Laweyan, kemudian Gremet Banjarsari, kawasan Manahan, di Jalan RM Said Ketelan Banjarsari.

Bahkan, hujan disertai angin kencang juga menyebabkan kaca jendela skybridge atau jembatan penghubung dari Stasiun Balapan Solo menuju Terminal Tirtonadi mengalami pecah.

Namun, peristiwa banyaknya kaca jendela skybridge tersebut tidak sampai ada korban jiwa terluka, karena saat kejadian tidak ada orang yang sedang melintas di jembatan penghubung itu.

Menurut Kepala Stasiun Balapan Solo, Suharyanto kejadian hujan deras disertai angin kencang sekitar pukul 16.50 WIB, terdengar seperti barang jatuh saat dicek ke lokasi ternyata kaca pecah di beberapa sisi di skybridge dekat stasiun.

Namun, pihaknya belum bisa merinci berapa kaca jendella di skybridge kawasan stasiun yang mengalami pecah akibat diterjang angin kencang. Angin kencang itu, berlangsung sekitar lima menit, tetapi pecah kaca jendela tidak sampai melukai orang.

“Kami kemudian meminta jembatan penghubung skybridge itu, untuk ditutup sementara Selasa malam ini. Kami akan melakukan pembersihan terlebih dahulu agar Rabu (11/12) pagi bisa dibuka kembali,” jelasnya.

Menurut dia, saat kejadian tidak ada penumpang yang melintas jembatan skybrigde tersebut, dan rata-rata jalan penghubungi diiewati sekitar 200 orang per hari.

Narto (45) warga Gremet Manahan Banjarsari mengatakan pohon tumbang di dekat pasar Gremet sempat menutup jalan KS Tubun, tetapi setelah hujan reda datang petugas dari BPBD untuk menyingkirkan ranting-ranting dari jalan sehingga akses jalan kembali normal.

“Pohon tumbang sempat menutup jalan di Gremet, tetapi setelah petugas datang langsung membersihkan dengan cara digergaji. Jalan kini sudah normal bisa dilintas kendaraan,” katanya.

Kepala BPBD Kota Surakarta, Eko Prajudi Noer Ali, saat di lokasi kejadian pohon tumbang di dekat Mesjid Solikin Jalan RM Said Ketelan, membenarkan kejadian di beberapa tempat pohon tumbang. Namun, pihaknya belum bisa mendatang secara rinci. (Ant)

Lihat juga...