Antisipasi Kecelakaan Nataru, SAR Maumere Siapkan Pasukan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Guna mengantisipasi adanya kecelakaan baik di bidang pelayaran serta penanganan khusus saat terjadi bencana maka Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas B Maumere melaksanakan apel gelar pasukan.

Selain mengecek kesiapan personel dan peralatan, apel juga dilakukan untuk menyatukan segenap pemangku kepentingan baik TNI AL dari Lanal Maumere, Kodim 1603 Sikka, Polres Sikka, Tagana, BPBD, Bandara Frans Seda Maumere, serta dinas Perhubungan kabupaten Sikka.

“Kami mengajak segenap stakeholder yang bergerak di bidang kemanusiaan supaya bersama-sama mempersiapkan personel agar selalu siaga,” kata kepala kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), I Putu Sudayana, SE, MAP, Rabu (18/12/2019).

Dikatakan Putu, kesiapsiagaan diperlukan untuk penanganan khusus bencana atau ataupun kondisi yang membahayakan manusia selama menjelang hari raya Natal dan usai merayakan tahun baru 2020 nanti.

Pada waktu tersebut kata dia, saat perantau asal Flores, Lembata dan Alor yang berada dimana-mana pasti kembali ke kampung dan ingin merayakan Natal serta Tahun Baru di kampung halamannya.

“Maka kita giatkan, galang, koordinasi dan kolaborasi semua unsur pengamanan dan penanganan kecelakaan agar siap siaga mengantisipasi kalau seandainya terjadi hal-hal yang memerlukan bantuan atau adanya bencana,” tuturnya.

Dengan menyamakan gerak langkah tandas Putu, nanti di lapangan tidak ada namanya ego sektoral terkait penanganan kecelakaan di darat, penerbangan, pelayaran serta bencana dan kondisi yang membahayakan manusia.

Nanti semuanya tergabung dalam tim SAR gabungan akan dibuka Posko di beberapa wilayah di pulau Flores yakni Labuan Bajo kabupaten Manggarai Barat, Ende, Maumere maupun di Kalabahi kabupaten Alor.

“Kami dari kantor SAR Maumere membuka 3 posko masing-masing di Maumere, 3 Labuan Bajo dan Kalabahi. Di Ende kami buka posko SAR keliling untuk memberikan pelayanan SAR yang terbaik,” ujarnya.

Bila ada kecelakaan dan memerlukan pertolongan pinta Putu, bisa hubungi nomor khusus bebas pulasa 115 dimana dalam kegiatan ini dilibatkan sebanyak 50 personel yang ditempatkan di semua posko.

Danlanal Maumere, Kolonel Marinir Totok Nurcayanto, menambahkan, setiap personel TNI AL dari Lanal Maumere disiagakan, dimana setiap personel di pos Al mulai dari Labuan Bajo sampai Alor disiagakan untuk membantu tim SAR.

Kapal patroli dan juga sea raider dan kapal angkatan laut lainnya juga dilibatkan untuk melakukan pengawasan dan antisipasi bila terjadi kecelakaan dan memerlukan pertolongan serta penyelamatan.

“Kepada kapal-kapal penumpang khususnya kapal tradisional agar mematuhi peraturan dan standar keselamatan harus disiapkan. Jangan mengejar target penumpang tetapi mengabaikan keselamatan,” tegasnya.

Lihat juga...