Bajaj Roda Empat Siap Beroperasi di Bekasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Transportasi publik bajaj roda empat atau lebih dikenal dengan sebutan Qute siap beroperasi atau mengaspal di kota Bekasi, Jawa Barat. Saat ini segala bentuk perizinan untuk kelancaran pengoperasian Qute melalui perubahan Peraturan Wali Kota (Perwal) Kota Bekasi 2019 sudah selesai.

Mengacu dalam Peraturan Wali Kota Nomor 100 Tahun 2016 tentang pengoperasian kendaraan bermotor roda tiga berbahan gas di lingkungan perumahan dan kawasan tertentu. Khusus moda transportasi publik roda tiga menjadi roda empat dengan dua jenis bahan bakar seperti gas atau premium.

Ahmad Juaini, Ketua Organda Kota Bekasi, ditemui di kantornya mengakui, segala bentuk perizinan pengoperasian Qute melalui perwal Kota Bekasi sudah selesai dan Qute sudah siap mengaspal, Rabu (25/12/2019). Foto: Muhammad Amin

“Saat ini, siapa yang beli Qute, bisa langsung beroperasi semua perizinannya langsung dibuatkan. Qute sengaja dikhususkan untuk angkutan lingkungan di Kota Bekasi,” kata Ketua Organda Kota Bekasi, Ahmad Juaini, kepada Cendana News, Rabu (25/12/2019).

Dikatakan izin operasi Qute di Kota Bekasi ada 1200 unit. Artinya ketersediaan barang mencapai jumlah tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan angkutan lingkungan yang ada di wilayah kota Patriot.

Bajaj roda empat atau Qute tersebut adalah kendaraan berasal dari India dan memiliki spesifikasi 250 CC dengan kapasitas tiga orang berukuran sedang. Qute akan menjadi moda transportasi umum di Kota Bekasi.

Qute tersebut dikatakan Juaini, lebih ramah lingkungan, walau pakai bahan bakar bensin atau Pertalite. Qute juga sudah diinjeksi sehingga bahan bakarnya bisa pakai BBG (Bahan Bakar Gas).

Menurutnya bagi warga Kota Bekasi yang ingin memiliki Qute bisa datang ke Kantor Organda di Jalan Cut Meutia. Untuk harga dipatok Rp88 juta belum perizinan operasi dan lainnya.

“Untuk memiliki Qute ada dua cara bisa dengan sistem down payment (DP) Rp15 juta atau bayar cash Rp88 juta. Untuk cicilan sistem kredit melalui DP tersebut cicilannya kisaran bisa mencapai Rp 2,5 juta,” ungkap Ahmad Juaini.

Dia juga menyebut bahwa ke depan, bajaj roda empat atau Qute sebagai moda transportasi publik akan dilengkapi dengan aplikasi sehingga bisa tampil kekinian. Seperti pesanan ojek online (Ojol) atau lainnya.

“Sedang dirancang apakah melalui kerjasama atau membuat aplikasi sendiri khusus moda bajaj roda empat di Kota Bekasi,” pungkasnya.

Lihat juga...