Bangun Jalan di Belitung Timur Telan Anggaran Rp38,2 Miliar

MANGGAR  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan anggaran Rp38,2 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 26,95 kilometer.

“Dana itu bersumber dari DAK dan APBD Belitung Timur 2019,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Belitung Timur, Idwan Fikri, di Manggar, Senin.

Ia menjelaskan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Belitung Timur membangun jalan sepanjang 26,95 kilo meter terdiri dari pembangunan jalan baru dengan volume tujuh kilometer dan 19,95 kilometer peningkatan jalan atau pengaspalan.

Total anggaran yang digunakan untuk pembangunan jalan mencapai Rp38.215.175.000.

“Pada 2019 setidaknya ada delapan proyek pembangunan jalan yang sudah diselesaikan. Pembangunan jalan dipriorotaskan ke arah lokasi-lokasi wisata,” ujarnya.

Ia mengemukakan, Pemkab Belitung Timur fokus pembangunan jalan untuk menunjang pariwisata dan peningkatan perekonomian masyarakat.

“Pembangunannya di lima kecamatan di Kabupaten Belitung Timur di luar Kecamatan Damar dengan Manggar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pembangunan ruas jalan di Kecamatan Kelapa Kampit sepanjang 4,6 kilometer. Sepanjang 350 meter untuk lingkungan Puskesmas Kelapa Kampit, 450 meter di Desa Mayang Air Sagu ke arah kebun durian dan Desa Cendil ke arah Sungai Padang Sijuk sejauh 3,8 kilometer.

“Untuk Kecamatan Gantung, volume jalan yang dibangun sepanjang 13,9 kilometer, dengan rincian Desa Batu Penyu arah Pantai Gusong Cina sepanjang 3,1 kilometer, Desa Limbongan ke arah Tanjung Batu Itam hingga ke Batu Buyung 3,8 kilometer dan Desa Selinsing ke arah Merante sepanjang tujuh kilometer,” jelasnya.

Lihat juga...