Bawaslu Barito Utara Lantik 27 Anggota Panwascam

MUARA TEWEH – Sebanyak 27 orang dilantik sebagai anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam) oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barito Utara terkait dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020.

“Saya minta anggota panwascam yang baru dilantik dan diambil sumpah ini untuk segera menyesuaikan dengan tahapan yang telah disusun dan dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Barito Utara,” kata Bupati Barito Utara, Nadalsyah, saat memberikan sambutan pada pelantikan panwascam di Muara Teweh, Minggu.

Menurut Nadalsyah, panwascam mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan pengawasan pemilihan.

Bupati menegaskan bahwa peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar pemilihan ini adalah Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 sebagaimana diubah dengan UU No. 10/2016.

Dalam UU diatur tugas dan wewenang dan kewajiban panwascam dalam mengawasi semua tahapan pemilihan kepala daerah.

“Saya berpesan kepada seluruh jajaran panwas, baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan, untuk mempelajari dan memahami peraturan-peraturan tersebut, kemudian menjadi pedoman dalam tugas,” katanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Barito Utara, Alamsyah, mengatakan, bahwa panwascam bertujuan untuk menjaga kualitas dan kepastian hukum agar pesta demokrasi berjalan dengan lancar.

“Mulai dari masa pendaftaran, pelaksanaan, hingga penghitungan suara dapat berjalan dengan aman dan lancar. Semoga para anggota panwascam yang telah dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, tulus, dan ikhlas,” katanya usai melantik anggota panwascam. (Ant)

Lihat juga...