Begal Resahkan Warga Bali Diamankan Polisi

Editor: Koko Triarko

DENPASAR – Resmob Polrestabes Denpasar mengamankan dua orang pemuda yang diduga terlibat aksi kejahatan jalanan, yaitu begal motor.

Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Ruddy Setiawan, mengatakan, pengungkapan kasus ini berkaitan dengan aksi yang sempat viral di dunia maya atas pemukulan dari salah satu tersangka yang mengaku diserempet oleh korban, saat berkendara di wilayah Ubung, Denpasar, beberapa waktu yang lalu.

Diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan dari tersangka bernama I Made Deni Dwi Pranata alias Jery (27), dan M Arif Saputra yang tinggal Abianbase, Gianyar, dan beralamat asal di Kapas Baru, Kelurahan Kapasmadya Baru, Tambak Sari, Surabaya, Jawa Timur, berpura-pura menjadi korban tabrak lari dari para calon korban.

Kapolresta Denpasar Kombes Pol Ruddy Setiawan, saat menggelar press release pengungkapan kasus jalanan begal, di Mapolresta setempat, Rabu, (18/12/2019). –Foto: Sultan Anshori

“Jadi, modus keduanya ini berpura-pura diserempet oleh calon korban. Padahal, tidak. Ketika korban lengah kedua tersangka ini langsung meminta dengan cara memaksa ganti rugi. Jika tidak diberi, maka akan dipukul,” ujar Kombes Ruddy, saat menggelar press conference di halaman depan Polresta Denpasar, Rabu (18/12/2019).

Ditambahkan, berdasarkan laporan masyarakat dan membuat resah masyarakat di wilayah hukum Polresta Denpasar, maka pihaknya beserta CTOC Polda Bali langsung memburu tersangka.

Tak butuh waktu lama, berbekal informasi awal dengan ciri-ciri tersangka menggunakan motor matic warna hijau, polisi berhasil menangkap keduanya di wilayah Gianyar.

Berdasarkan hasil pengembangan, kedua pelaku ini mengaku sudah melakukan aksinya beberapa kali di empat lokasi. Dari perbuatannya tersebut, polisi berhasil menyita barang bukti berupa uang pecahan Rp250, jam tangan dan vape dari hasil begal yang selama ini dilakukan.

“Tersangka kita kenakan Pasal 368 KUHP tentang pemerasan dan pengancaman, dengan hukuman penjara paling lama 9 tahun penjara,” tegas perwira melati tiga kelahiran Surabaya Jawa, Timur ini.

Sementara itu, menurut pengakuan tersangka I Made Deni Dwi Pranata alias Jery, perbuatannya dilandasi karena faktor ekonomi. Dirinya mengaku menyesal atas perbuatannya ini.

Sekaedar informasi, beberapa waktu belakangan jagat sosial di Kota Denpasar dibuat heboh oleh aksi seorang pengendara sepeda motor matic yang memukul seorang pengendara motor lain, dengan alasan baru saja diserempet. Tanpa alasan pasti, si pelaku yang diketahui bernama I Made Deni Dwi Pranata alias Jery ini langsung memukul korban. Beruntung, saat kejadian direkam oleh warga yang kebetulan berada di lokasi.

Lihat juga...