Bendung Koja di Bekasi Kembali Dipenuhi Sampah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Memasuki penghujung tahun 2019, persoalan sampah terus menggerogoti Kota Bekasi, Jawa Barat. Musim penghujan ini, Bendung Koja di Kelurahan Jatiasih, di Kecamatan Jatiasih, kembali disesaki sampah bambu yang menyumbat aliran air Sungai Cikeas.

Tumpukan sampah bambu tersebut diketahui terjadi sejak Kamis (26/12/2019) lalu. Dengan kembalinya terpenuhi sampah setidaknya kejadian tersebut yang ke 13 kalinya selama tahun 2019.

Kali ini, pengangkat sampah bambu melibatkan TNI AD dari Kodim 0507/Bekasi ikut diturunkan guna membantu mengangkat material sampah bambu yang menyumbat saluran air tersebut agar tidak terjadi banjir di sekitar lingkungan bendung Koja.

“Kami menurunkan 1 SST (satuan setingkat pleton), untuk membantu mengangkat material sampah bambu yang menutupi bendung Koja,” ungkap Dandim 0507/ Bekasi, Kolonel Infantri, Rama Pratama, kepada Cendana News, Senin (30/12/2019).

Dandim 0507/Bekasi, Kolonel Inf. Rama Pratama, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, melihat langsung material sampah di bendung Koja, Jatiasih Kota Bekasi, Senin (30/12/2019) – Foto: Muhammad Amin

Dikatakan TNI sifatnya hanya membantu percepatan bersama tim lainnya seperti dari Pemkot Bekasi, serta melibatkan aparat kepolisian guna mengantisipasi terjadi banjir mengingat saat ini tengah memasuki musim hujan.

Sebelum melakukan pembersihan dan pengangkutan material sampah di bendung Koja dilakukan apel yang dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto. Dia meminta semua pihak segera melakukan pengangkatan

“Hari ini saya minta pengangkatan dilakukan sampai sore. Karena sifatnya mendesak tim mulai dari TNI, Kepolisian, Pemerintah Kota Bekasi dan masyarakan harus bisa membenahi permasalahan sampah tersebut,” tegasnya.

Lihat juga...