BPBD: Sejumlah Wilayah di Sumsel Rawan Bencana

PALEMBANG  – Sejumlah wilayah di Sumatera Selatan (Sumsel) rawan bencana banjir dan longsor pada musim penghujan seperti saat ini karena berada di daratan rendah dan tinggi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Selatan, Iriansyah, di Palembang, Kamis, mengatakan, bencana sangat rentan terutama di kawasan hulu Sumatera Selatan seperti di Kabupaten Muratara, Musi Rawas, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Banyuasin, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Sementara bencana rawan longsor sangat rentan terjadi Empat Lawang, Muara Enim, Ogan Komering Ulu Selatan dan Lahat.

“Kami minta warga yang berada di daerah rawan bencana untuk waspada,” tambah dia.

Ia mengemukakan terkait pemetaan kawasan bencana ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah membentuk satuan tugas karena di beberapa lokasi sangat mudah sekali banjir.

Apabila hujan dengan intensitas tinggi dalam waktu yang lama maka dipastikan akan terjadi banjir. Terdapat juga beberapa daerah yang banjirnya sulit surut karena sungai juga dalam keadaan pasang.

Dalam upaya penanggulangan banjir ini, selain menyiagakan personel, pemprov juga mempersiapkan sarana prasarana seperti perahu karet, tenda, alat berat.

BPBD mencatat terdapat 11 titik rawan banjir yang tersebar di sejumlah kabupaten yakni Kabupaten Muratara, Musi Rawas, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Banyuasin, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah di kabupaten dan kota, serta instansi terkait guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan tersebut,” lanjut dia. (Ant)

Lihat juga...