BPDPKS Mukomuko Verifikasi Data Penerima Peremajaan Sawit

MUKOMUKO – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) melakukan verifikasi data dua kelompok tani yang diusulkan sebagai calon penerima program peremajaan tanaman kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

“Kementerian Pertanian telah menerbitkan rekomendasi teknis peremajaan tanaman kelapa sawit untuk dua kelompok tani ini, selanjutnya BPBDPKS memverifikasi data dua kelompok tani tersebut,” kata Verifikator Peremajaan Sawit Rakyat Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Roni Linbong, dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Sebanyak delapan kelompok tani di daerah itu yang diusulkan menerima program peremajaan tanaman kelapa sawit pada 2019, bertambah dibandingkan sebelumnya sebanyak enam kelompok tani.

Dari delapan kelompok tani menerima program ini pada 2019, sebanyak enam kelompok tani diantaranya telah menandatangani kesepakatan kerja sama untuk menerima program ini, sedangkan dua kelompok tani lain baru mendapatkan rekomendasi teknis.

Sebanyak dua kelompok tani yang baru menerima rekomendasi peremajaan tanaman kelapa sawit, yakni KRP Muar Sejati Desa Talang Baru mendapatkan rekomendasi teknis untuk peremajaan tanaman kelapa sawit di lahan seluas 56,47 hektare dan KRP Masad Jaya seluas 57,89 hektare.

Selanjutnya, ia mengemukakan dua kelompok tani ini menunggu selesai verifikasi data oleh BPDPKS, selanjutnya penandatangan kesepakatan kerja sama untuk menerima program peremajaan atau replanting tanaman kelapa sawit.

Ia mengatakan, dua kelompok tani di daerah ini baru bisa mendapatkan program ini setelah mereka selesai penandatanganan kesepakatan kerja sama para pihak antara BPBDPKS, kelompok tani dan pihak bank.

Sebanyak enam kelompok tani yang sudah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan berbagai pihak, yakni Kelompok Tani Medan Jaya II Desa Lalang Luas, Kecamatan V Koto memiliki lahan perkebunan tidak produktif seluas 73,73 hektare.

Kemudian Kelompok Tani Harapan Baru Desa Talang Petai memiliki lahan perkebunan seluas 62,33 hektare, Kelompok Tani Jaya Sentosa Desa Talang Kuning seluas 79,82 hektare, KRP Bangun Jaya Desa Rawa Bangun seluas 90,19 hektare, KRP Maju Bersama Desa Air Merah seluas 112,89 hektare dan Mekar Sari Desa Pondok Lunang 58,01 hektare. (Ant)

Lihat juga...