Butuh Sinergitas Tanggulangi HIV/AIDS-Narkoba

MANADO – Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw, mengajak masyarakat bersinergi dengan pemerintah menanggulangi penyebaran penyakit HIV/AIDS dan narkoba.

“Pemerintah daerah memberikan perhatian serius terhadap upaya penanggulangan penyebaran HIV/AIDS dan narkoba, butuh sinergitas semua pihak,” ajak Wagub Steven, di Manado, Sabtu (7/12/2019).

Ketua DPRD Sulut periode 2014-2015 itu menegaskan, semua yang berpotensi menurunkan indeks kesehatan langsung diberi perhatian serius, salah satunya adalah penanggulangan HIV/AIDS dan narkoba.

“Pemerintah tidak bisa sendiri melakukan penanggulangan HIV AIDS dan narkoba, namun harus melibatkan semua pihak, termasuk organisasi keagamaan,” katanya.

Wagub Steven menyebutkan, meskipun jumlah pengguna narkoba di Sulut menurun, hal itu harus tetap diwaspadai karena penggunaan narkoba adalah salah satu penyebab HIV/AIDS yang korbannya tersebar di berbagai kalangan.

“Banyak penghuni penjara terlibat narkoba. Ini adalah isu yang harus diseriusi pihak Badan Narkotika Nasional,” ujarnya.

Karena itu, lanjut dia, semua komponen masyarakat harus terlibat dalam penanggulangan HIV AIDS dan narkoba, apalagi efek penyakit tersebut lebih parah dari pada bencana gempa bumi. (Ant)

Lihat juga...