Calon Pesiunan di Aceh Dibekali Program Kewirausahaan

Ilustrasi - Wirausaha jasa bengkel- Foto: Dok CDN

BANDA ACEH – Calon pensiunan dari sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) di Aceh dilatih kewirausahaan. Pelatihan merupakan agenda dari PT Taspen (Persero) Cabang Banda Aceh, yang mensinergikan program tersebut dengan sejumlah BUMN.

“Kebetulan kami ini bersinergi dengan BUMN, akan melakukan program kewirausahaan di Aceh ke depan. Tentunya ini supporting (dukungan) dari BUMN, contohnya Bulog ada Rumah Pangan Kita,” terang Kepala Taspen Cabang Banda Aceh, Andi Purwadi di sela acara sosialisasi pembekalan persiapan pensiun bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh, di Banda Aceh, Kamis (19/12/2019).

Andi mengklaim, program untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan kewirausahaan khususnya bagi ASN dan pensiunan itu, telah berjalan di provinsi paling barat Indonesia tersebut. Perseroan ini harus memastikan, ASN saat memasuki masa purnabhakti pada usia emasnya, harus memiliki bekal yang cukup. Yakni bekal wawasan kewirausahaan, manajemen keuangan, serta pola hidup sehat.

Dewasa ini, terdapat pensiunan yang meliputi 14 pemerintah daerah dari 23 kabupaten dan kota di Aceh. Mereka berasal dari instansi horizontal maupun vertikal, yang dikelola oleh Taspen di wilayah Aceh. Ada sekira 38.500 orang pensiunanm meliputi mantan ASN, dan mantan pejabat negara. Pihaknya juga mengelola ASN aktif terdiri dari 14 pemerintah daerah dan pemerintah pusat di antaranya pengadilan agama, pengadilan negeri, dan kejaksaan di Provinsi Aceh dengan total sekitar 98.800 orang.

“Hampir setiap tahun ASN yang pensiun itu sekitar 500 orang, dan untuk posisi di Januari (2020) sudah 500 lebih. Biasanya yang paling banyak Januari, keseluruhan ada 1.500 orang dalam satu tahun,” terang Andi. (Ant)

Lihat juga...