Cegah HIV-AIDS Perlu Kepedulian Bersama

BIAK  – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, dr. Daisy Ch Urbinas, mengatakan, upaya pencegahan penyakit menular HIV-AIDS harus menjadi kepedulian bersama berbagai elemen warga Biak.

“Setiap pribadi warga Biak Numfor untuk peduli mencegah penularan HIV-AIDS, salah satunya menjaga perilaku tidak melakukan hubungan seks bebas di luar nikah,” kata Kadinas Kesehatan Biak Numfor, dr. Daisy Ch Urbinas di Biak, Minggu.

Untuk upaya lain harus dicegah warga Biak Numfor, Papua, supaya terhindar penyakit HIV-AIDS, menurut Daisy Urbinas, tidak menggunakan narkoba, tak mengonsumsi minuman beralkohol dan selalu mendekati diri dengan nilai keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang maha esa.

“Warga Biak Numfor juga harus membudayakan hidup sehat bersih dalam lingkungan keluarga,” ujarnya.

Kadinkes Biak Daisy Urbinas mengingatkan setiap pribadi warga Biak Numfor untuk melakukan hal positif dalam pergaulan sehari-hari sehingga bisa mencegah penularan HIV-AIDS.

Sementara itu, Komisi Penanggulangan AIDS Biak melakukan kampanye pencegahan penyakit menular HIV-AIDS dengan memasang spanduk di berbagai ruas jalan Kota Biak.

Peringatan hari AIDS sedunia 1 Desember di Biak Numfor dilakukan dengan memasang spanduk untuk meningkatkan kepedulian bersama warga mencegah penyakit menular HIV-AIDS.

Dari data Dinas Kesehatan Provinsi Papua yang dikutip KPA Biak jumlah pengidap HIV-AIDS di Papua periode September 2019 mencapai 45.502 kasus.

Sementara untuk kasus penyakit HIV-AIDS di Kabupaten Biak Numfor per-September 2019 terdapat 2.507 kasus dengan rincian HIV 754 kasus dan AIDS sebanyak 1.753 kasus. (Ant)

Lihat juga...