Damandiri Berikan Bantuan APE dan Renovasi Gedung PAUD

Editor: Makmun Hidayat

MALANG — Program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) yang digagas Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) secara nyata telah mampu berkontribusi langsung dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Salah satunya dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui pemberian bantuan Alat Peraga Edukasi (APE) indoor dan renovasi gedung PAUD.

Tercatat terdapat enam sekolah PAUD  di wilayah Kedungkandang yang mendapatkan bantuan APE dan dua sekolah PAUD mendapatkan bantuan renovasi gedung dari Damandiri, salah satunya adalah PAUD Sejahtera yang berada di RW 04.

Manajer umum KUD Suluh Sejahtera Mandiri, Dian Novianti Widiasari (dua dari kanan) menyerahkan bantuan APE kepada pihak PAUD Sejahtera di PAUD Sejahtera, Jumat (13/12/2019). -Foto: Agus Nurchaliq

Kepala Sekolah PAUD Sejahtera, Fitrotul Hasanah S. PdI, menjelaskan PAUD Sejahtera telah berdiri sejak tahun 2007 di bawah naungan PKK Kota Malang.

“Di sini memang banyak anak kecil yang ingin sekolah, tetapi sayangnya biaya masuk sekolah playgrup mahal. Jadi dengan adanya PAUD Sejahtera ini warga kemudian banyak yang mendaftarkan anaknya di sini,” ujarnya saat ditemui di PAUD Sejahtera, Jumat (13/12/2019).

Untuk jumlah siswanya sendiri saat ini total ada 43 siswa yang dibagi ke dalam dua kelompok, yakni kelompok A usia 3-4 tahun, kelompok B usia 4-5 tahun.

Lebih lanjut diakui Hasanah, dirinya merasa senang sekali PAUD yang ia pimpin mendapatkan bantuan APE indoor senilai Rp1 juta dan renovasi gedung senilai Rp2,5 juta yang disalurkan melalui Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri.

“Banyak APE kami yang kondisinya sekarang sudah rusak dibuat mainan siswa. Tapi alhamdulillah sekarang sudah dibantu oleh Damandiri dengan dibelikan APE yang baru,” ucapnya.

Kondisi dinding ruang kelas PAUD Sejahtera setelah selesai di renovasi, Jumat (13/12/2019). -Foto: Agus Nurchaliq

Bantuan APE yang diberikan dalam bentuk Holahop, boneka laki-laki dan perempuan,  permainan menara, mainan buah dan sayur sayuran, akunya.

Begitu pula dengan kondisi dinding ruangan kelas yang lembab sehingga berjamur. Beruntung ada bantuan dari Damandiri sehingga dindingnya bisa segera direnovasi agar tidak lembab.

Sementara itu Manajer umum KUD Suluh Sejahtera Mandiri, Dian Novianti Widiasari, menyampaikan, pemberian bantuan APE dan renovasi gedung PAUD bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar bisa mencetak generasi muda yang lebih baik dari sekarang.

“Bantuan ini lebih ditekankan untuk membantu PAUD yang benar-benar membutuhkan alat edukasi, baik yang belum punya atau sudah rusak,” terangnya.

Oleh karenanya metode survei dilakukan untuk melihat kondisi riil PAUD yang ada di RW 1 sampai RW 7.   “Karena kuotanya hanya 6, jadi dari survei tersebut kita lihat PAUD mana yang benar-benar lebih membutuhkan untuk mendapatkan bantuan,” pungkasnya.

Lihat juga...