Damandiri Berikan Bantuan Posyandu di DCML Kedungkandang

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MALANG – Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) melalui program pemberdayaan Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) terus menyalurkan berbagai bantuan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kelurahan Kedungkandang, kecamatan Kedungkandang, kota Malang.

Salah satu bantuan sosial yang telah disalurkan kepada masyarakat melalui Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri yakni program bantuan perlengkapan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Manajer umum KUD Suluh Sejahtera Mandiri, Dian Novianti Widiasari, menjelaskan, program bantuan perlengkapan Posyandu dari Damandiri sebenarnya berupa dana stimulan sebesar 500 ribu rupiah untuk membeli kebutuhan Posyandu. Ada tujuh posyandu dari tujuh RW di kelurahan Kedungkandang yang diberikan bantuan dana stimulan.

Manajer umum KUD Suluh Sejahtera Mandiri, Dian Novianti Widiasari (baju orange) memberikan sosialisasi tentang keberadaan koperasi kepada warga di posyandu Melati RW 04, Kamis (5/12/2019). Foto: Agus Nurchaliq

“Jadi pengurus posyandu mengajukan daftar perlengkapan apa saja yang diperlukan. Kemudian jika dari uang bantuan tersebut tidak mencukupi, maka posyandu bisa menambahkan uang dari kas mereka sendiri untuk membeli perlengkapan posyandu yang dibutuhkan,” terangnya saat ditemui di taman Posyandu Melati RW 04, Kamis (5/12/2019).

Setiap Posyandu, lanjutnya, pasti punya uang kas sendiri sehingga kami hanya memberikan dana stimulan bagi masing-masing posyandu sebesar 500 ribu.

“Alhamdulillah dana tersebut sudah digunakan secara maksimal,” tandasnya.

Menurut Dian, peralatan yang biasa dibutuhkan posyandu dan wajib dimiliki adalah timbangan bayi, alat ukur tinggi, tensi, meja kursi, lemari dan alat tulis.

“Untuk posyandu di RW 04, bantuan uang stimulan tersebut mereka gunakan membeli satu buah lemari dan tiga buah kursi,” ujarnya.

Disampaikan Dian, program bantuan sosial dari Damandiri tersebut bertujuan untuk melengkapi prasarana dari posyandu di masing-masing RW yang ada di Kedungkandang.

“Harapan kami dengan terpenuhinya perlengkapan yang dibutuhkan, kinerja dari posyandu bisa lebih meningkat dan lebih baik lagi dalam melayani warga Kedungkandang,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Dian, dalam kegiatan posyandu yang rutin diagendakan setiap satu bulan sekali tersebut, Dian juga memanfaatkannya untuk mensosialisasikan keberadaan KUD Suluh Sejahtera Mandiri kepada masyarakat.

“Setiap warga yang datang ke posyandu, kita sosialisasikan kepada mereka tentang keberadan KUD Suluh Sejahtera Mandiri sekaligus mengajak untuk menjadi anggota koperasi. Karena dari pihak yayasan maunya satu kegiatan bantuan sosial yang diberikan, harus juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan anggota,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu pengurus posyandu taman Posyandu Melati RW 04, Ibu Aisyah, mengaku senang telah mendapat bantuan dana stimulan untuk membeli perlengkapan posyandu, khususnya lemari dan kursi.

“Lemari tersebut kita gunakan untuk menyimpan buku maupun dokumen penting. Karena sebelum ada bantuan dari Damandiri, selama ini buku maupun dokumen penting disimpan di box khusus. Kalau memang ada bantuan lagi, saya minta dibuatkan gedung balai RW karena memang selama ini lokasi posyandu masih numpang,” pungkasnya.

Lihat juga...