Damandiri Berikan Pelatihan Guru PAUD DCML Kedungkandang

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MALANG – Menggandeng Universitas Trilogi Jakarta, Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) kembali mengadakan pelatihan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) modul lanjutan kepada puluhan guru PAUD di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Kedungkandang.

Kasi pendampingan dan pelatihan Yayasan Damandiri, Ir. Anna Murnijati, MMA, menjelaskan, pelatihan lanjutan kali ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan dasar yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Kasi Pendampingan dan Pelatihan Yayasan Damandiri, Ir. Anna Murnijati, MMA memberikan sambutan pembukaan pelatihan PAUD modul lanjutan aplikatif di Balai Kelurahan Kedungkandang, Selasa (10/12/2019). Foto: Agus Nurchaliq

“Pelatihan lanjutan  diadakan untuk lebih memperdalam lagi dari modul dasar sebelumnya. Jadi peserta pelatihannya masih sama seperti peserta pelatihan yang sebelumnya,” jelasnya memberikan sambutan pembukaan pelatihan PAUD modul lanjutan aplikatif di Balai Kelurahan Kedungkandang, Selasa (10/12/2019).

Menurutnya, selain materi-materi pelatihan yang disampaikan oleh para narasumber dari Universitas Trilogi, nantinya juga akan ditambahkan materi terkait parenting. Karena meskipun sifatnya hanya tambahan, tapi materi parenting sangat penting untuk disampaikan kepada guru PAUD.

Dikatakan Anna, pendidikan yang utama bagi seorang anak dimulai dari dalam keluarga, lingkungan, baru kemudian sekolah. Jadi tidak boleh orangtua hanya menyerahkan pendidikan anaknya ke sekolah.

Parenting penting sekali karena anak kecil tidak bisa mendidik dirinya sendiri. Anak kecil lebih suka mencontoh,” ucapnya.

Saat berada di sekolah, seorang anak akan diajarin bicara halus dan berperilaku sopan santun. Tapi ketika di rumah, bisa saja anak melihat orangtuanya justru berbicara kasar dan main pukul sana sini.

Yang pada akhirnya menyebabkan anak menjadi bingung, mana yang harus ia contoh dan menjadi panutan.

Di sinilah peran dari guru PAUD untuk memberikan secara tidak langsung edukasi terkait parenting kepada para orangtua.

“Orangtua yang mengantarkan anaknya ke PAUD jangan dibiarkan ngerumpi sesuatu yang tidak penting. Ajak mereka untuk masuk dan bertukar pikiran terkait bagaimana mendidik anak, termasuk bagaimana anaknya agar bisa tumbuh optimal baik dari segi fisik, mental dan intelektual. Karena generasi muda harus diberikan bekal yang cukup agar kita tidak dijajah oleh bangsa lain,” tandasnya.

Sementara itu Lurah Kedungkandang, Ahmad Imam Mudji, S. Sos mengaku sangat bersyukur kelurahan yang ia pimpin kerap mendapatkan program bantuan dari Yayasan Damandiri. Termasuk program pelatihan bagi guru PAUD.

“Alhamdulillah hari ini untuk kedua kalinya kami mendapatkan kepercayaan dari Damandiri melalui pelatihan guru PAUD modul lanjutan aplikatif. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membawa manfaat bagi guru PAUD sehingga bisa mencetak generasi muda yang unggul.

Semoga Bunda PAUD bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik, agar nantinya bisa diaplikasikan kepada peserta didik. Terima kasih kepada Damandiri telah memberikan kepercayaan kepada kelurahan Kedungkandang yang sampai detik ini terus menerus mendapatkan program bantuan yang bisa dirasakan secara langsung oleh warga,” pungkasnya.

Lihat juga...