hut

Damandiri Gelar Pelatihan Lanjutan Guru PAUD se-Desa Tamanmartani

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri tak henti berupaya meningkatkan kualitas SDM warga desa di berbagai bidang. Tak terkecuali di bidang pendidikan, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Setelah pada September lalu, menggelar kegiatan pelatihan Pendidikan Dasar, pada Desember 2019 ini, Yayasan Damandiri kembali menggelar pelatihan Pendidikan Lanjutan bagi guru-guru PAUD se-Desa Tamanmartani.

Tercatat sebanyak 50 guru PAUD dan TK se-Desa Tamanmartani, mengikuti diklat lanjutan selama 8 hari ke depan bertempat di Balai Desa Tamanmartani. Pelatihan Diklat Lanjutan ini didisi berbagai materi dari Yayasan Damandiri bekerja sama dengan Universitas Trilogi Jakarta.

Ketua Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Siswanto, saat ditemui di Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman. -Foto: Jatmika H Kusmargana

Ketua Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Siswanto, mengatakan pelatihan diklat lanjutan ini digelar sebagai kelanjutan dari pelatihan dasar tahap pertama lalu. Tujuannya tak lain adalah meningkatkan kualitas guru-guru PAUD yang ada di desa Tamanmartani.

“Pada pelatihan diklat lanjutan ini materi yang disampaikan tidak didominasi teori. Tapi lebih banyak ke praktek. Seperti misalnya bagaimana mengaplikasikan teori pembelajaran dalam kegiatan sehari-hari,” ujarnya di sela kegiatan hari pertama di Balai Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Senin (02/12/2019).

Menurut, Siswanto, pendidikan dan pelatihan bagi guru-guru PAUD ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya PAUD di Desa Tamanmartani. Pasalnya dengan pelatihan semacam ini kualitas SDM guru PAUD akan terus ter-upgrade dan semakin meningkat.

“Kegiatan semacam ini penting sekali karena bisa menambah ilmu, pengetahuan maupun keterampilan guru-guru PAUD. Mereka diharapkan akan semakin inovatif dan kreatif dalam melakukan pembelajaran. Dengan peningkatan kualitas SDM guru ini otomatis kualitas pendidikan PAUD juga akan meningkat,” ungkapnya.

Lihat juga...