Damandiri Salurkan Bantuan APE Enam PAUD di DCML Trirenggo

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Melaui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri tak henti memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di berbagai bidang. 

Berbagai program baik di bidang ekonomi, kesehatan, lingkungan hingga pendidikan dijalankan guna mewujudkan masyarakat desa yang cerdas, berdaya saing dan mandiri.

Salah satu program di bidang pendidikan yang rutin digulirkan di setiap Desa Cerdas Mandiri Lestari adalah penyaluran bantuan fasilitas pendukung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Seperti terlihat di Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo Bantul Yogyakarta.

Desa Trirenggo yang merupakan desa binaan Yayasan Damandiri sejak tahun 2017 lalu itu, belum lama ini mendapatkan bantuan fasilitas pendidikan berupa Alat Peraga Edukatif (APE). Sebanyak 6 APE indoor diberikan pada 6 PAUD di wilayah Desa Trirenggo.

Manager Umum Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah, mengatakan alat peraga edukatif ini diberikan guna meningkatkan layanan PAUD di sejumlah dusun. Adanya alat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat khususnya di tingkat anak usia dini.

“Ada 6 PAUD yang mendapatkan Alat Peraga Edukatif ini. APE ini diberikan karena memang sangat dibutuhkan untuk mendukung proses belajar mengajar, khususnya di tingkat PAUD. Ke 6 PAUD yang menerima bantuan APE ini kita prioritaskan bagi mereka yang masih minim peralatan dan fasilitas pendukung,” katanya Senin, di Bantul (16/12/2019).

Sebelum memberikan bantuan berupa alat peraga edukatif indor tersebut, Yayasan Damandiri sebelumnya juga telah rutin menyalurkan bantuan di bidang pendidikan bagi Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo setiap tahunnya. Mulai dari bantuan makanan tambahan untuk balita dan lansia, APE outdoor atau luar ruangan, beasiswa bagi siswa kurang mampu, hingga sejumlah pelatihan bagi guru-guru PAUD dan sebagainya.

“Sejumlah bantuan ini menunjukkan komitmen besar dari Yayasan Damandiri dalam membantu meningkatkan kualitas hidup warga khususnya di bidang pendidikan anak usia dini. Kita berharap adanya bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk masyarakat. Sehingga layanan pendidikan PAUD bisa lebih sempurna. Karena tanpa APE ini materi pembelajaran alan sulit diterima siswa,” katanya.

Lihat juga...