Dandim: Situasi di Bekasi Jelang Nataru, Kondusif

Editor: Koko Triarko

BEKASI –  Komando Distrik Militer (KODIM) 0507/Bekasi, Jawa Barat, memastikan situasi dan kondisi menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di kota tersebut, kondusif.  Hal demikian berdasarkan pantauan di sejumlah tiitk yang selama ini dinilai rawan.

“Sejauh ini dalam pantauan kami, kondisi Kota Bekasi kondusif,” ungkap Kolonel Infantri, Rama Pratama, Komandan Kodim (Dandim) 0507/Bks, saat ditemui di markasnya, jalan Veteran, Kota Bekasi, Sabtu (14/12/2019).

Menurutnya, kondisi tersebut pantauan baik dari intelejen di beberapa titik yang dianggap rawan. Hasilnya, diketahui sejauh ini belum ada perkembangan signifikan. Namun demikian, ia meminta untuk tetap waspada.

Dalam rangka pengamanan Natal dan dan tahun baru, Kodim 0507/Bks akan melaksanakan siaga, dengan jumlah personel disesuaikan dengan perintah dari Kodam.

“Jadwal koordinasi pengamanan dan persiapan pengaman Nataru di Kota Bekasi dilaksanakan minggu depan, melalui apel bersama untuk koordinasi tiga Pilar,” jelas Rama.

Menurutnya, Kodim 0507/Bks mampu menurunkan tim Satuan Setingkat Kompi (SSK) sebanyak seratus personel. Untuk pembagiannya selama ini dilaksanakan bekerja sama dengan kepolisian dan pemda, dan diperkuat dari Koramil untuk melaksanakan patroli bersama.

Lebih lanjut dia mengatakan, pengamanan Nataru juga tiga pilar sudah melaksanakan komunikasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama terkait, dalam melaksanakan pengaman tempat pengaman di tempat ibadah.

“Pengamanan di Bekasi cenderung melakukan pengamanan dititik tempat ibadah. Hal itu juga sesuai perintah Kapolri dalam teleconference,” tukas Rama Pratama.

Dia menghimbau kepada seluruh komponen, khususnya saat perayaan tahun baru agar dilaksanakan secara sederhana dan menghindari giat yang dinilai tidak produktif.

“Perhatikan faktor keamanan dari giat yang tidak produktif, seperti miras, narkoba dan petasan. Karena bisa merugikan diri sendiri dan orang lain,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua PCNU Kota Bekasi, Madinah, meminta umat Islam Kota Bekasi turun menciptakan kondusivitas untuk menghormati umat Kristiani dalam melaksanakan ritual ibadah Natal dan tahun baru.

“Saling hormat menghormati, menjaga kerukunan umat beragama di Kota Bekasi sudah terjalin. Saya yakin Kota Bekasi tetap kondusif, tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” tegasnya.

Lihat juga...