Dewan Pendidikan Bekasi Dorong Sekolah Swasta Diminati Masyarakat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Setelah resmi dikukuhkan beberapa waktu lalu, pengurus Dewan Pendidikan (DP) Kota Bekasi, Jawa Barat, siap meningkatkan kualitas pendidikan setempat. Salah satunya mengubah mindset negeri minded di tengah masyarakat setempat.

“Selama ini pandangan masyarakat masih negeri minded. Ini membuat berat sekolah negeri di Kota Bekasi. Sementara jumlah sekolah swasta cukup banyak,” ujar Ketua Dewan Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzi, kepada Cendana News, Kamis (26/12/2019).

Dikatakannya, bagaimana mendorong sekolah swasta agar dapat diminati masyarakat, salah satu caranya yaitu dengan mendorong biaya operasional sekolah itu sendiri. Tidak semuanya dibebankan kepada wali murid.

Hal tersebut imbuhnya, bisa dilakukan untuk meringankan beban sekolah negeri di kota Bekasi. DP  mencoba mendobrak hal tersebut sehingga sekolah swasta memiliki peran yang sama dengan sekolah negeri dan diminati oleh masyarakat.

“Selama ini hanya beberapa sekolah swasta yang diminati dan itu pun tergolong kelas menengah ke atas. Makanya perlu dicari solusi,” tukasnya.

Menurutnya berbicara soal pendidikan, tentunya harus menyentuh ke semua. Bagaimana anak bisa memiliki karakter tentunya mereka harus berada di sekolah.

Peran swasta dan sekolah negeri memiliki kepentingan yang sama sehingga harus didorong bagaimana biaya operasional sekolah swasta tidak semuanya ditanggung oleh wali murid.

Dalam kesempatan itu Ali Fauzi, juga mengakui perlu adanya peningkatan kualitas guru di Kota Bekasi menjadi perhatian dewan pendidikan. Diketahui di Kota Bekasi, selain masalah kualitas guru juga kekurangan dewan guru.

“Pendidikan di kota Bekasi yang dikelola oleh masyarakat seperti swasta cukup banyak juga. Sekolah swasta juga didorong agar kualitasnya sama,” tandasnya.

Dia mengatakan bahwa untuk perbaikan pendidikan di Kota Bekasi, DP berkoordinasi dengan eksekutif dan legislatif.

Dia menjelaskan bahwa DP sebagai wadah menampung aspirasi masyarakat mencari masukan untuk memfasilitasi masyarakat sebagai prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan program pendidikan.

Fungsi DP memiliki peran dan fungsi dalam memberikan pertimbangan dalam penentuan kebijakan pendidikan. Artinya DP  membantu dalam hal pertimbangan khususnya kebijakan pendidikan sesuai aspirasi masyarakat.

Pendidikan di Kota Bekasi memang harus lebih baik lagi, untuk itu perlu perbaikan sekolah swasta dan  berkoordinasi lintas instansi. Menurut Ali, bicara soal pendidikan tidak hanya tugas Dinas Pendidikan tetapi tanggung jawab semua pihak.

Untuk itu pula perlu inventarisasi sekolah swasta guna membantu meningkatkan mutu sekolah itu sendiri. Sehingga kualitas sekolah swasta pun ada parameternya.

“Berhubungan dengan pendidikan tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja tapi semua orang. Soal pendidikan harus ada rasa kepedulian dari semua orang, merasakan hal yang sama,” pungkasnya.

Diketahui Dewan Pendidikan Kota Bekasi, sudah dilakukan pelantikan dengan ketua umum Ali Fauzi, Ketua I Andi Sopandi Rewarin, Sekretaris Krisman Irwandi dan Bendahara Evi Mafriningsianti.

Lihat juga...