Di Mekarsari, Pengunjung Bisa Dapatkan Bibit Gratis Maupun Beli

Editor: Makmun Hidayat

BOGOR — Selain memberikan edukasi dan wahana rekreasi kepada pengunjung, Taman Buah Mekarsari juga memberikan kesempatan bagi para pecinta tanaman untuk mendapatkan bibit tanaman berkualitas. 

Staf Pemasaran Bibit Tanaman Taman Buah Mekarsari, Shinta Damiyati, menjelaskan bahwa para pengunjung bisa mendapat bibit tanaman secara gratis dan membeli.

“Mekarsari memberikan voucher kepada pengunjung untuk mendapatkan bibit tanaman secara gratis saat membeli paket tur,” kata Shinta saat ditemui di Garden Center Taman Buah Mekarsari, Bogor, Senin (9/12/2019).

Tapi, kalau pengunjung menginginkan jenis lainnya yang bukan masuk dalam paket bibit tanaman gratis, bisa dilakukan dengan membeli di Garden Center.

“Di sini disediakan jenis bibit dari ukuran SS, S, M dan Ember. Ukuran ini didasarkan pada ukuran polybag-nya. SS ini biasanya ukuran bibit untuk paket pengunjung. Umurnya sekitar 8 bulan,” urai Shinta.

Bibit di Garden Center ini, menurutnya, langsung berasal dari Nursery Taman Buah Mekarsari.  “Jadi hasil dari Nursery, itu kita pasarkan di Garden Center ini. Dan kita juga siapkan media tanam dan pupuk. Sehingga pengunjung bisa dengan mudah mempersiapkan paket tanamannya sendiri,” ucapnya.

Bagi pengunjung reguler, pemesanan bibit, media tanam maupun kompos bisa dilakukan via telepon atau email.

“Kalau tersedia kita bisa langsung kirimkan. Tapi kalau belum ada, ya biasanya sistem indent. Jadi ada tenggang waktu enam bulan untuk kita siapkan bibitnya. Dan biasanya kalau yang order begitu, kita berikan minimal order juga,” ujar Shinta.

Staf Pemasaran Bibit Tanaman Taman Buah Mekarsari Shinta Damiyati saat menjelaskan tentang pack media tanam di Garden Center Taman Buah Mekarsari, Senin (9/12/2019). -Foto: Ranny Supusepa

Ia menyebutkan dari semua tanaman di Garden Center, yang paling diminati adalah jambu kristal dan durian.  “Selanjutnya, mangga, lengkeng. Pokoknya buah komersial, yang suka dibeli pengunjung. Dan juga memang bergantung pada ketersediaan bibit,” kata Shinta lebih lanjut.

Untuk kompos dan media tanam curah, juga bisa dilakukan di Mekarsari. “Penjualannya dilakukan di lokasi kompos dan media tanam secara langsung. Kalau kemasan ini kan hanya 3-4 kg per pack. Kalau curah itu, biasanya karungan,”  paparnya.

Saat musim liburan, seperti libur lebaran, natal maupun libur sekolah, Shinta menyebutkan penjualan bibit bisa melonjak dibandingkan hari biasa.

“Kalau hari biasa, hari minggu yang ramai pengunjung beli bibit. Harapan Mekarsari, dengan adanya penjualan bibit ini, para pengunjung juga bisa belajar menanam sendiri tanamannya. Seluruh staf di Garden Center bisa membantu mereka dengan menjelaskan bagaimana cara menanam dan memberikan kompos yang baik,” ungkapnya.

Salah seorang pengunjung, Lula mengungkapkan ini kali ketiga dirinya kunjungan ke Taman Buah Mekarsari. “Kebetulan ada saudara datang, jadi berkunjung ke sini. Ini juga sekalian membeli bibit. Dulu pernah beli bibit mangga. Sekarang lagi nyari mau beli bibit tanaman buat di pot. Soalnya, gak punya pekarangan luas di rumah,” kata Lula yang berasal dari daerah Condet, Jakarta Timur.

Lihat juga...