Di PON 2020 Kalsel Loloskan Atlet di 18 Cabor

Pemain futsal Kalsel dihadang dua pemain Provinsi Sumatera Selatan saat akan melepaskan tendangan pada laga terakhir Grup IX Kualifikasi PON XIX cabor Futsal di Borneo Indoor Futsal Banjarmasin, Minggu (29/11/2019)- Foto Ant

BANJARMASIN – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mencatat, ada 18 Cabang Olahraga (Cabor) yang atletnya lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua.

Kabid Pembinaan Olahraga Prestasi Dispora Kalsel, M Fitri Hernadi mengungkapkan, sebanyak 18 cabang olahraga yang berpeluang ke PON itu, sesuai laporan dari pengurus cabor masing-masing. “Setelah selesai mengikuti pra-PON, mereka bilang lolos, jadi kita catat,” ujarnya, Minggu (29/12/2019).

Semua cabor mengikuti pra-PON 2019, dan atlet dari kalsel berhasil meraih medali sehingga berpeluang untuk berangka ke PON 2020 Papua. “Memang kita belum bisa konfirmasi sebelum ada putusan dari pengurus besar masing-masing cabang olahraga,” terangnya.

Menurut Fitri, masing-masing cabor akan mendapat surat dari pengurus besar, mengenai keputusan atlet yang lolos untuk berangkat ke PON 2020. “Surat itu akan masuk pula ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalsel dan Dispora Kalsel,” tuturnya.

Sejauh ini, belum bisa diprediksi pasti, berapa atlet Kalsel yang lolos ke PON. Meski pra-PON sudah berprestasi meraih medali, baik emas, perak dan perunggu, saat ini belum ada keputusan mengenai hal tersebut. “Tapi ada juga nanti yang lolos non medali, misalnya di peringkat empat, tergantung ke putusan pengurus besar-nya,” terang Fitri.

Yang menentukan lagi untuk atlet diberangkatkan ke PON adalah anggaran. Karena PON 2020 berlangsung di Papua, sehingga anggaran yang dibutuhkan menjadi besar. Hal itu juga menjadi pertimbangan untuk memberangkatkan rombongan atlet. “Jadi atlet yang diberangkatkan memang yang benar-benar berpeluang meraih prestasi di sana,” tuturnya.

Fitri mengatakan, para atlet Kalsel yang dinyatakan lolos ke PON akan dipusatkan latihan pada 2020, menjelang keberangkatan PON tersebut. “Kita menargetkan banyak prestasi di PON 2020 ini, hingga kita sangat serius menyiapkan atlet,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...