Dikbud Balikpapan Akan Luncurkan Kelas Digital di Sekolah

Editor: Makmun Hidayat

BALIKPAPAN — Tak lama lagi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan akan meluncurkan program kelas digital di sejumlah sekolah. Program tersebut sejalan dengan persiapan sumber daya manusia menyongsong revolusi industri 4.0.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan Muhaimin saat dikonfirmasi terkait kelas digital, Kamis (5/12/2019). -Foto: Ferry Cahyanti

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan Muhaimin menjelaskan dalam pembelajaran era digital siswa akan dimudahkan karena mereka tak perlu membawa buku. Namun materi yang akan disampaikan oleh guru akan ada dalam digital yang dibawa.

“Hanya membawa perangkat gadget yang dimiliki kemudian materi akan didownload sesuai Kemendikbud. Tapi ini masih tahap uji coba dan bertahap,” jelasnya Kamis (5/12/2019).

Dalam kelas digital maka aktivitas di dalam kelas menggunakan seoptimal mungkin peran internet dan teknologi digital. Lanjut Muhaimin, kelas digital masih dalam tahap uji coba sebelum penerapan pembelajaran era digital alias Sekolah Digital.

“Kita uji coba dulu, dimulai nanti pertengahan Desember. Setiap sekolah nanti harus ada kelas digital,” ungkapnya.

Menurutnya, kelas digital akan dimulai pada Januari 2020. Setiap sekolah nantinya akan ada satu kelas yang menerapkan kelas digital untuk SMP. “Satu kelas itu berada di kelas IX atau di kelas 3 SMP,” ujar Muhaimin.

Apabila nantinya berjalan maka enam bulan kemudian akan dievaluasi. “Evaluasi untuk mengetahui sejauh mana metode pembelajaran itu berjalan. Akan diketahui apa kendala dan manfaat nya setelah itu diterapkan,” katanya.

Dia menambahkan dalam penerapan kelas digital ada beberapa manfaat diantaranya siswa tak perlu repot-repot membawa tas berisi banyak buku.

“Dari tablet, mereka bisa mendownload soal-soal, buku-buku, termasuk edukasi. Semua latihan-latihan sudah ada di tablet,” pungkas Muhaimin.

Lihat juga...