Dimusnahkan, Ledakan Granat Nanas Terdengar hingga Radius 50 Meter

Editor: Makmun Hidayat

KEBUMEN – Granat nanas yang ditemukan warga di Desa Semberadi, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen dimusnahkan oleh Tim Gegana Sat Brimobda Jateng Unit Komposit Purwokerto. Granat tersebut ternyata masih aktif dan saat pemusnahan atau disposal, terdengar bunyi ledakan hingga radius 50 meter lebih.

“Granat sudah dimusnahkan, tim dari Brimob Purwokerto datang ke Kebumen tadi dan langsung melakukan pemusnahan. Sebagaimana yang kita prediksi, granat tersebut ternyata masih aktif dan menimbulkan suara ledakan yang cukup keras,” kata Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Sabtu (21/12/2019).

Lebih lanjut Kapolres Rudy menjelaskan, pemusnahan granat nanas dilakukan di area ladang dekat dengan lokasi penemuan granat. Tim Brimob hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk melakukan pemusnahan.

Sementara di sekitar lokasi pemusnahan, warga sekitar berkumpul untuk menyaksikan pemusnahan granat,. Namun, mereka hanya boleh menyaksikan dengan jarak lebih dari satu kilometer. Selama pelaksanaan disposal, di sekitar lokasi dijaga ketat oleh anggota Polres Kebumen dan Polsek Kebumen.

Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman menambahkan, sesuai dengan keterangan tertulis yang disampaikan Polres Kebumen kepada  Tim Gegana Sat Brimobda Jateng Unit Komposit Purwokerto, diduga granat tersebut merupakan peninggalan zaman perang dunia dan masih aktif.

Iptu Tugiman menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi warga Desa Sumberadi, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen yang pro aktif melaporkan penemuan granat nanas tersebut. Ia juga menghimbau kepada seluruh warga Kabupaten Kebumen, untuk tidak segan-segan melaporkan kepada petugas jika menemukan benda-benda yang mencurigakan.

“Kita sangat berterima kasih kepada warga yang sudah melaporkan penemuan granat nanas ini, sebab jika dibiarkan benda tersebut berbahaya dan bisa meledak sewaktu-waktu,” tuturnya.

Iptu Tugiman berharap, situasi kamtibmas di Kabupaten Kebumen dapat terus terjaga, terlebih mendekati perayaan Natal dan tahun baru. Semua pihak diminta untuk turut menjaga kondusifitas wilayah dan melaporkan hal sekecil apapun yang dianggap mencurigakan di lapangan.

“Laporan apapun akan langsung kita tindak lanjuti, sesuai dengan intruksi Bapak Kapolres, jadi jangan segan untuk melapor kepada kami,” pungkasnya.

Lihat juga...