Dinkes Imbau IRT di Cianjur Rutin Tes VCT untuk Deteksi HIV

Relawan YPI dan para ODHA berkumpul dalam kegiatan Ngobras atau ngobrol santai, sambil makan siang di sanggar YPI, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019) – Foto Ant

CIANJUR – Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, mengimbau ibu rumah tangga rutin melakukan tes VCT, untuk mendeteksi HIV . Tercata, dari 168 Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) baru di sepanjang 2019, 40 persen diantaranya ibu rumah tangga.

“Penyumbang ODHA tahun ini paling banyak dari lelaki seks laki-laki dan ibu rumah tangga yang rentan tertular HIV/AIDS dari suami yang suka bergonta ganti pasangan di luar rumah,” kata Pengelola Program HIV/AIDS Dinkes Cianjur, Cicih Kurniasih, di Cianjur, Senin (23/12/2019).

Suami yang sudah terkena HIV, akibat seks bergonti-ganti pasangan, dengan mudah menularkan pada istrinya. Tidak sedikit yang kemudian menularkan ke anaknya ketika lahir. “Selama ini karena tidak memeriksakan diri sejak dini membuat kaum hawa dengan mudah tertular. Sehingga kami mengimbau ibu rumah tangga secara rutin memeriksakan diri dan melakukan tes VCT,” katanya.

Lihat juga...