Ditahan Seri Borneo, Persipura Gagal Rebut Posisi ‘Runner-up’

SIDOARJO — Persipura Jayapura gagal finis dan merebut di posisi runner up klasemen Liga 1 musim kompetisi 2019 usai di laga pamungkas ditahan seri Borneo FC dengan skor 2-2 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu.

Satu poin yang diraih kedua tim membuat pergeseran di klasemen, yaitu Persipura berada di posisi empat dengan raihan 53 poin, sedangkan Borneo FC harus puas di posisi enam dengan koleksi 51 poin.

Poin Persipura sebenarnya sama dengan Bhayangkara FC, yaitu 53 poin, tapi karena kalah head to head, Bhayangkara berhak di posisi ketiga.

Begitu juga dengan poin yang dimiliki Borneo FC, yaitu 51 poin, namun harus rela di bawah Persib Bandung di posisi lima karena kalah head to head.

Posisi tersebut masih bisa berubah jika Madura United yang pukul 19.00 WIB malam ini menang atas sang juara Liga 1, Bali United.

Sementara itu, pada laga Persipura melawan Borneo FC yang berakhir 2-2, gol-gol tuan rumah dicetak oleh Andre Ribero Dos Santos menit ke-81 melalui titik penalti, Boaz Salossa menit ke-85, sedangkan gol tim tamu dicetak Matias Conti menit ke-24 dan Terens Puhiri menit ke-61.

Pada jalannya pertandingan, sejak wasit Thoriq Al Katiri meniup peluit kick off, tuan rumah mengambil inisiatif menyerang dan menciptakan beberapa peluang, tapi selalu kandas di pertahanan Borneo FC.

Penampilan gemilang kiper Gianluca Claudio Pandenyuwu juga membuat serangan tim Mutiara Hitam, julukan Persipura, kerap gagal.

Pada menit ke-24, melalui skema serangan balik, Terens Puhiri mengirim umpan silang terukur ke kotak penalti dan Matias Conti yang berada di kotak penalti memanfaatkannya dengan baik melalui sundulan kepala.

Gol tersebut bertahan hingga 45 menit babak pertama berakhir. Usai turun minum, tempo permainan kedua tim melambat karena sama-sama saling menunggu, namun Persipura tetap mendominasi serangan karena berhasrat meraih poin sempurna.

Tapi, Borneo FC yang juga mengincar kemenangan sukses menggandakan keunggulan usai Terens Puhiri mencetak gol dari dalam kotak penalti.

Serangan tuan rumah akhirnya berbuah  setelah wasit memberi hadiah penalti setelah tangan pemain belakang Borneo FC mengenai bola di dalam kotak terlarang.

Bek asing Andre Ribeiro yang tampil sebagai eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik dan mengubah skor menjadi 1-2 pada menit ke-81.

Gol tersebut membuat permainan anak asuh Jacksen F Toago itu meningkat untuk mengejar ketertinggalan hingga kapten Boaz Solossa sukses mencetak gol cantik ke gawang Borneo FC.

Gol itu menjadi yang terakhir di laga tersebut dan berakhir dengan kedudukan 2-2. (Ant)

Lihat juga...