Dua Bulan Berjalan,  Bantuan ‘Modal Kita’ di Cilongok Lancar

Editor: Makmun Hidayat

BANYUMAS — Selama dua bulan berjalan, bantuan Modal Kita dari Yayasan Damandiri di Desa Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas yang dikelola Koperasi Utama Sejahtera Mandiri  berjalan lancar dengan Non Performing Loan (NPL) atau kredit macet 0 persen. Hal ini menjadi awal yang baik untuk pencairan bantuan Modal Kita tahap berikutnya.  

Manager Modal Kita di Koperasi Utama Sejahtera Mandiri Cilongok, Kholilawati mengatakan, sampai dengan bulan Desember ini sudah berjalan dua kali angsuran dan semuanya masih lancar. Pembayaran angsuran pinjaman Modal Kita dikoordinir oleh masing-masing kelompok.

“Ada enam kelompok, dengan total jumlah anggota 90 orang. Dan sampai saat ini angsuran pinjaman masih lancar,” kata Kholilawati, Kamis (12/12/2019).

Lebih lanjut Kholilawati menjelaskan, besaran pinjaman yang diberikan untuk tahap pertama Rp 2 juta. Namun, ada beberapa warga yang memilih untuk mengajukan pinjaman hanya Rp 1.500.000, karena disesuaikan dengan besarnya kebutuhan tambahan modal.

Untuk pinjaman Modal Kita Rp 2 juta, besaran angsuran per bulannya R[ 196.000 dan untuk yang pinjaman Rp 1.500.000, angsuran per bulannya Rp 147.500.

“Untuk pembayaran angsuran, kita cukup datang kepada masing-masing ketua kelompok, karena sistem pembayarannya dikoordinir kelompok,” tuturnya.

Saat ini, pihak koperasi sedang menyiapkan data-data untuk pencairan bantuan Modal Kita tahap kedua. Dari data yang masuk dan sudah terverifikasi, ada tiga kelompok lagi yang akan mendapatkan bantuan dan tiap kelompok jumlah anggotanya rata-rata 15 orang. Pencairan tahap kedua Modal Kita ini, rencananya dilakukan akhir bulan Desember hingga awal bulan Januari 2020.

“Verifikais terhadap calon penerima bantuan pinjaman Modal Kita kita lakukan secara selektif, untuk menghindari adanya NPL, sehingga hanya warga yang benar-benar menggunakan bantuan pinjaman untuk modal usaha yang diberikan. Kita juga sudah sering melakukan sosialisasi kepada warga, bahwa penjaman bantuan Modal Kita ini bukan untuk konsumtif. Untuk pencairan tahap berikutnya, rencananya ada tiga kelompok. Kalau yang pengajuan masih dalam pendataan jumlahnya sudah banyak juga,” terang Kholilawati.

Salah satu penerima bantuan pinjaman Modal Kita, Ibu Kusmiarti, warga RT 07 RW 04, Desa Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas mengatakan, ia mendapat bantuan pinjaman Rp 2 juta. Dan bantuan tersebut digunakan untuk menambah modal usahanya.

“Saya mempunyai usaha pembuatan tahu dan Modal Kita ini sangat membantu untuk membesarkan usaha saya. Tahu produksi Cilongok sudah dikenal di pasaran, sehingga berapapun yang kita produksi, pasti akan laku, tinggal berapa jumlah modal yang kita miliki untuk meningkatkan jumlah produksi,” tuturnya.

Lihat juga...