Eksotisme Pantai Kelingking, Nusa Penida Bali

Editor: Makmun Hidayat

DENPASAR — Bali memang surganya destinasi wisata. Selain Pantai Kuta dan Ubud, pulau ini ternyata memiliki destinasi yang tak kalah indah dan terkenal hingga ke penjuru dunia, yaitu wisata Pulau Penida.

Pulau Nusa Penida memiliki gugusan pulau kecil lain seperti Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Pulau Nusa Penida ini masuk wilayah Kabupaten Klungkung dengan pusat kecamatan berada di Pulau Nusa Penida.

Di Pulau Nusa Penida ini banyak terdapat banyak pantai yang indah, misalnya Pantai Billabong, Pantai Crystal Bay dan yang terbaru adalah Pantai Kelingking. Setiap hari, pantai ini selalu ramai dikunjungi ratusan ribu wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Maka tak heran, sebuah  survei  traveler dunia menyematkan pulau ini  pulau terbaik sebagai destinasi wisata khusus backpacker terbaik di dunia.

Untuk bisa menikmati keindahan pulau ini, wisatawan dapat menempuhnya menggunakan kapal cepat (speed boat) dengan melewati dua pelabuhan tradisional yang terdapat di Sanur Denpasar dan Pelabuhan Penyeberangan Padang Bai yang terletak di Kabupaten Karangasem. Namun, pada umumnya wisatawan sering menggunakan Pelabuhan Sanur Denpasar untuk menyeberang ke pulau indah Nusa Penida ini.

Di sini para wisatawan akan dapat dengan mudah menemukan jasa penyewaan kapal cepat untuk mengantar wisatawan ke Nusa Penida. Dibutuhkan setidaknya sejam perjalanan dari Pelabuhan Sanur ke Pelabuhan Yeh Pakeh di Nusa Penida. Sesampainya di sana, wisatawan akan menemukan jasa transportasi seperti mobil maupun sepeda motor.

“Jika menggunakan mobil langsung disediakan sopir. Sopir ini juga akan menjadi pemandu wisata ke beberapa destinasi. Namun jika menggunakan motor wisatawan traveling sendirian alias tanpa pemandu,” ujar Luh Suprani salah seorang penyedia penyewaan motor saat ditemui, Minggu (22/12/2019).

Dikatakan, untuk harga sewa motor pihaknya memasang harga sebesar Rp75.000 dengan durasi sehari. Sementara untuk mobil beserta sopirnya antara Rp500.000 hingga Rp700.000 setiap hari.

Setelah menemukan alat transportasi yang ingin digunakan, wisatawan bisa menjelajahi pulau yang memiliki luas wilayah sekitar 202,84 km² dengan jumlah penduduknya mencapai 45.110 jiwa berdasarkan data dari sensus BPS tahun 2010 lalu.

Banyaknya destinasi pantai yang bisa dikunjungi, salah satu yang terkenal saat ini adalah Pantai Kelingking. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan view tebing pantai berbentuk kepala tirex (salah satu jenis hewan purbakala zaman dinosaurus).

Pantai Kelingking ini terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida. Untuk menuju destinasi wisata ini, wisatawan dapat menempuhnya menggunakan motor maupun mobil. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar setengah jam perjalanan dari dermaga Toya Pekeh Nusa Penida.

Di sini, wisatawan dapat melakukan aktivitas swafoto dengan latar belakang tebing nan curam berbentuk kepala tirex. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat turun ke pantai dengan cara menuruni tebing.

Khairul Anwar, salah seorang wisatawan asal Situbondo mengatakan, dia mengetahui tempat wisata ini dari Instagram. Karena bagus dan membuat penasaran akhirnya dirinya dia khusus datang jauh-jauh dari Jawa timur bersama keluarganya.

“Tempatnya bagus dan bisa swafoto. Tapi kami tak berani untuk turun ke pantainya karena harus menuruni tebing tinggi,” tegasnya.

Nyoman Ardika, salah satu penduduk lokal menjelaskan, pantai ini memang sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan khususnya wisman sejak dua belakangan. Rata-rata ada ratusan wisman yang berkunjung ke pantai  ini. “Jika hari libur seperti saat ini bisa penuh ini,” tandasnya.

Lihat juga...