Enam Atlet Tinju Bekasi Siap Tarung di PON XX Papua

BEKASI – Enam atlet dari Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PERTINA) Kota Bekasi, akan mewakili Jawa Barat di ajang Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX di Papua 2020.

Atlet PERTINA milik Kota Patriot tersebut, akan bertanding di kelas 45, 51, 64, 69 dan 60. Mereka terdiri dari empat perempuan dan dua laki-laki yang sudah siap membawa harum nama Jabar di ajang bergengsi tersebut.

“Keenam atlet itu yang perempuan, yaitu Cici, Valea, Lida dan Nita, duanya laki-laki. Untuk target menang optimis bisa menyumbang emas di kelas 45 dan 64,” ungkap Wira Markus Gea, Komtek PERTINA Kota Bekasi, kepad Cendana News, Sabtu (21/12/2019).

Wira Markus Gea, Komtek PERTINA Kota Bekasi, ditemui di Sasana Esalalan Boxi Camp, kompleks GOR Chandrabaga, Sabtu (21/2019). –Foto: M Amin

Saat ini, keenam atlet tinju tersebut tengah digembleng setiap hari secara intensif di Sasana Esalalan Boxi Camp, komplek Gor Chandrabaga oleh pelatih tinju senior. Mereka hanya libur Sabtu dan Minggu.

Dikatakan, atlet tersebut sudah memiliki jam terbang di berbagai pertandingan, baik tingkat daerah atau nasional. Dan, kerap memberi medali emas dan perak untuk Kota Bekasi dan Jabar.

“Untuk target sebenarnya tidak ada, tetapi saya optimis atlet PERTINA Kota Bekasi mampu memberi dua medali emas dan perak,” tandasnya.

Dia juga mengaku, KONI Kota Bekasi selama ini cukup maksimal meskipun dalam kekurangan, dari sisi pendanaan dan lainnya. Hal tersebut dianggap Wira hal biasa dan tidak mengurangi semangat latihan untuk tampil sebagai juara.

Sementara salah satu petinju yang akan akan ikut di PON 2020 di Papua, Nita (24), kepada Cendana News, mengaku siap memberikan yang terbaik bagi daerah. Dia mengaku memiliki pengalaman di berbagai pertandinga,n seperti Kerjurnas dan Porda.

“Kalau juara, saya pernah juara di Kapolda CUP mendapat perak dan juara tiga di Kapolri CUP di Manado,” tandasnya.

Menurutnya, semua daerah tentu memiliki kekuatan atlet berprestasi, tentunya harus ada persiapan matang untuk bisa tampil maksimal dan membawa juara daerah yang diwakili.

Terpisah, Ketua KONI Kota Bekasi, Ian Rosyad, mengakui ada puluhan atlet di Kota Bekasi mengikuti PON 2020 Papua mewakili Jawa Barat, untuk beberapa cabang olah raga, seperti karate, renang, sepatu roda, tinju, muangthai dan panjat tebing.

“Jumlah tersebut terdiri dari atlet dan pelatih. Mereka sebelumnya sudah mengikuti Pelatda PON tingkat Provinsi Jabar. Bahkan, ada sebagian kecil masih mengikuti Pelatda,” ucap Ian Rosyad, yang KONI Jabar menargetkan Jabar Juara Umum di PON XX Papua.

Menurutnya, seleksi ada di tingkat KONI Provinsi Jabar. Kota Bekasi sifatnya hanya men-support agar Jabar juara, Jabar kudu menang Kota Bekasi Berprestasi.

Dia menyebutkan, dari 46 cabor, KONI Bekasi mengirim atlet 20 cabor di PON 2020 Papua, mewakili Jabar.

Lihat juga...