Everton Bawa Tiga Poin dari Newcastle

Penyerang Everton Dominic Calvert-Lewin (kanan) melakukan selebrasi bersama Richarlison usai mencetak gol keduanya ke gawang Newcastle United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Newcastle, Inggris, Sabtu (28/12/2019) – Foto Ant

JAKARTA – Bulan madu Carlo Ancelotti, sebagai manajer Everton berlanjut. Everton sukses membawa pulang tiga poin dari Newcastle United, setelah menang 2-1 di Stadion St. James’ Park, Sabtu (28/12/2019).

Dominic Calvert-Lewin, kembali menjadi bintang kemenangan pasukan Ancelotti dengan mengemas dua gol. Sementara Newcastle, sempat membalas melalui Fabian Schaar. Kemenangan kedua dalam dua pertandingan bersama Ancelotti itu mengangkat lagi posisi Everton ke peringkat ke-10 klasemen dengan 25 poin. Posisinya menyalip Newcastle (25), yang melorot ke urutan ke-11 di klasemen Liga Inggris.

Newcastle sebetulnya mengawali laga dengan baik. Tetapi Everton mengambil alih kendali, dan membuka keunggulan pada menit ke-13. Berawal dari tendangan bebas Gylfi Sigurdsson, bola muntah yang dihadang barisan pertahanan Newcastle jatuh ke kaki Calvert-Lewin yang dengan dingin dan langsung membenamkan bola ke pojok kiri bawah gawang.

Newcastle berusaha membalas dan memperoleh peluang pada menit ke-37, ketika Everton gagal menyapu sempurna bola sepak pojok. Bola berhasil direbut Isaac Hayden, dan dikirimkan untuk diselesaikan Schaar. Tetapi kiper Jordan Pickford sukses menepis bahaya yang datang. Setelah unggul kala turun minum, Everton berusaha mengawali babak kedua dengan menguasai pertandingan, tetapi yang terjadi justru Newcastle menyamakan kedudukan pada menit ke-56 melalui Schaar.

Berawal dari tendangan bebas Jetro Willems, bola diteruskan dengan sundulan Andy Carroll di area tiang jauh, sebelum disambar menjadi gol oleh Schaar. Namun  Everton kembali mengambil kepemimpinan delapan menit berselang, saat Richarlison mengirimkan umpan tarik ke muka gawang yang disontek sempurna oleh Calver-Lewin untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Newcastle berusaha bangkit lagi, tetapi Everton dengan tenang menjaga penguasaan bola sekaligus kedudukan, hingga berhasil mengamankan kemenangan kala peluit tanda laga usai berbunyi. Ujian sesungguhnya bagi kepelatihan Ancelotti akan dimulai pada tahun baru, saat mereka bertandang ke Manchester City. Sedangkan Newcastle akan menjamu Leicester City dalam laga lebih awal. (Ant)

Lihat juga...