Everton Imbangi Arsenal Tanpa Gol

JAKARTA — Everton mengimbangi tamunya Arsenal dengan skor nirgol dalam laga pekan ke-18 Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Sabtu.

Hasil laga pemungkas manajer interim kedua tim, Duncan Ferguson di Everton dan Freddie Ljungberg di Arsenal, pamitan dengan catatan tidak impresif setelah pertandingan berjalan minim peluang, jika tak mau disebut membosankan.

Bukan karena skor 0-0 laga itu membosankan, melainkan catatan statistik memperlihatkan hanya ada dua tembakan tepat sasaran selama 90 menit waktu normal ditambah lima menit injury time. Dua-duanya datang dari kubu tim tamu melalui Pierre-Emerick Aubameyang yang kini mengemban ban kapten Arsenal sejak dicopot dari lengan Granit Xhaka.

Tembakan tepat sasaran pertama terjadi pada menit ke-51 dalam situasi sepak pojok, saat Calum Chambers meneruskan bola dengan sundulannya untuk diselesaikan oleh Aubameyang, tetapi kiper Jordan Pickford sigap menghalau “bahaya” kecil itu.

Semenit kemudian, penyerang asal Gabon itu merebut sodoran umpan dari Lucas Torreira yang seharusnya ditujukan kepada Emile Smith-Rowe. Walhasil Aubameyang melepaskan tembakan dari posisi tidak jamak dan bola hanya mengarah lemah ke pelukan Pickford.

Sesudah dua tembakan tepat sasaran itu, pertandingan hanya membuktikan betapa kedua tim memang patut mengambil langkah yang mereka tempuh baru-baru ini.

Arsenal resmi menunjuk Mikel Arteta sebagai manajer permanen baru pengganti Unai Emery sehari sebelum pertandingan, sedangkan Everton mengumumkan kedatangan Carlo Ancelotti hanya satu jam sebelum sepak mula.

Hasil imbang nirgol di Goodison Park membuat Arsenal kini mengoleksi 23 poin di urutan kesembilan, terancam tergusur hasil-hasil lain, sedangkan Everton (19) untuk sementara naik tipis satu strip ke peringkat ke-15, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Susunan pemain:

Everton (4-4-2): Jordan Pickford; Djibril Sidibe, Mason Holgate, Yerry Mina, Lucas Digne; Alex Iwobi (Cenk Tosun/Moise Kean), Tom Davies, Fabian Delph (Michael Keane), Gylfi Sigurdsson; Richarlison, Dominic Calvert-Lewin
Pelatih: Duncan Ferguson (interim)

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, Calum Chambers, David Luiz, Bukayo Saka; Lucas Torreira, Granit Xhaka; Reiss Nelson, Emile Smith-Rowe (Joe Willock), Gabriel Martinelli; Pierre-Emerick Aubameyang (Alexandre Lacazette)
Pelatih: Freddie Ljungberg (interim). (Ant)

Lihat juga...