Forikan Gorontalo Galakkan Sosialisasi Gemar Makan Ikan

GORONTALO – Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Gorontalo bersama Dinas Perikanan setempat menggencarkan sosialisasi makan ikan bagi masyarakat di daerah itu.

Ketua Forikan Kabupaten Gorontalo, Fory Naway di Gorontalo, Jumat, mengatakan pihaknya melakukan sosialisasi kepada anak-anak, orang tua hingga tenaga pendidik.

“Program ini dilaksanakan dari tahun 2017 dan terus berkelanjutan, dimana sasaran program ini adalah masyarakat se-Kabupaten Gorontalo,” ujarnya.

Ia mengaku sosialisasi tersebut merupakan upaya meningkatkan gizi masyarakat indonesia. Mengonsumsi ikan perlu terus ditingkatkan, karena ikan menjadi salah satu sumber protein utama dalam pola konsumsi tersebut.

“Jika ingin menjadi pintar dan cerdas maka harus makan ikan. Ikan banyak mengandung protein, vitamin dan omega tiga untuk pertumbuhan otak,” ujar Fory Naway saat memberikan sosialisasi kepada anak-anak didik se Kelurahan Tilihuwa, Kecamatan Limboto.

Fory Naway menambahkan, bahwa manusia membutuhkan otak yang sehat, cerdas dan ikan dapat memenuhi kebutuhan gizi.

“Oleh karena itu saya berharap kepada para tenaga pendidik, orang tua agar dapat mensosialisasikan konsumsi ikan dan segala manfaatnya,” pintanya.

Fory mengungkapkan bahwa jika anak-anak gemar makan ikan, diharapkan generasi ke depan akan menjadi pemimpin-pemimpin cerdas, mandiri dan tangguh dalam menghadapi tantangan.

“Ikan bukan barang mahal dan bukan barang mewah serta sangat mudah mendapatkannya. Apalagi di Kabupaten Gorontalo banyak daerah yang cocok untuk budidaya ikan,” jelas dia.

Fory juga menambahkan bahwa ikan dapat diolah dengan berbagai variasi agar lebih menarik dan tidak membosankan bagi anak-anak untuk mengosumsinya

Pada kesempatan itu, Fory juga membagikan ikan segar sebanyak 1,5 Kg kepada ratusan anak-anak yang mengikuti sosialisasi itu serta ibu-ibu hamil. (Ant)

Lihat juga...