Gerhana Matahari Partial Dimulai Pukul 10 di Jakarta

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

JAKARTA — Animo masyarakat untuk menyaksikan secara langsung proses terjadinya gerhana matahari partial atau sebagian di Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ) sudah terlihat sejak pagi. Proses gerhana sendiri, akan mulai terlihat di Jakarta pada pukul 10.48 WIB.

Ahli Astronomi POJ Widya Sawitar menyebutkan, undangan kepada masyarakat sudah disampaikan sejak awal Desember melalui link media sosial.

“Kami sengaja meminta mereka mendaftar secara online jadi bisa disesuaikan jumlah kaca matanya. Karena untuk menyaksikan, selain menggunakan teleskop, bisa dengan kaca mata khusus,” kata Widya saat ditemui di lokasi pengamatan Planetarium dan Observatorium Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Ia menjelaskan bahwa gerhana matahari yang bisa disaksikan di POJ hanya partial. Karena untuk tahun ini, gerhana matahari cincin hanya melewati wilayah Kalimantan dan Sumatera saja.

“Karena itu ada tim pengamatan di Batam. Supaya, bisa mengamati gerhana matahari cincin. Tim-nya yang merupakan gabungan staf POJ dengan HAAJ sudah berangkat dari tanggal 22 Desember kemarin,” ucapnya.

Tim ini, menurutnya, selain melakukan pengamatan juga melakukan edukasi kepada masyarakat yang bekerjama sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam.

“Di POJ ini, kita mempersiapkan 12 teleskop untuk masyarakat umum yang ingin menyaksikan dan dua teleskop untuk keperluan astrofotografi dan live streaming,” urai Widya.

Proses gerhana matahari akan dimulai pertama kali di Pulau Sinabang pada pukul 10.06 WIB dan gerhana matahari cincin akan dimulai pada pukul 11.53 WIB.

“Proses Gerhana matahari cincin ini cuma 3 menit saja. Jadi pada pukul 11.56 WIB sudah berakhir di Pulau Sinabang,” ujarnya.

Ahli Astronomi POJ Widya Sawitar (kiri) saat ditemui disela persiapan pengamatan di POJ, Kamis (26/12/2019) – Foto Ranny Supusepa

Sementara, di Tanjung Redeb, sebagai wilayah Indonesia terakhir yang dilintasi oleh gerhana matahari, akan memulai prosesnya pada pukul 12.14 WITA.

“Gerhana matahari cincin akan dimulai pada pukul 14.09 sampai 14.12 WITA di Tanjung Redeb. Proses secara keseluruhan akan selesai pada pukul 15.47 WITA,” papar Widya.

Untuk di Jakarta, proses gerhana matahari akan berlangsung mulai pukul 10.48 WIB.

“Kalau di Jakarta, kita dapatnya hanya partial saja. Karena itu, kalau masyarakat mau melihat yang cincin bisa akses dari live streaming milik POJ,” ucapnya.

Salah satu anggota HAAJ yang turut bertugas, Vito Ghifari menyebutkan antusiasme masyarakat terlihat dari banyaknya pertanyaan seputar gerhana matahari.

“Sudah dari pagi, banyak yang tanda-tanya. Ada juga yang memulai dengan mencoba melihat melalui teleskop. Karena banyak juga yang penasaran, sebenarnya bagaimana sih matahari itu,” ungkapnya.

Lihat juga...