Gorontalo Utara Gelar Kejuaraan Arung Jeram di Papualangi

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, ikut mencoba Wahana Arung Jeram Papualangi dalam Kejuaraan Arung Jeram di Desa Papualangi, Kecamatan Tolinggula – Foto Ant

GORONTALO – Pemkab Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menggelar kejuaraan arung jeram, di Desa Papualangi, Kecamatan Tolinggula, sabtu (7/12/2019). Desa Papualangi, yang berada di wilayah barat kabupaten tersebut memiliki jarak tempuh empat jam menggunakan transportasi darat, dari pusat ibu kota kabupaten di Kecamatan Kwandang.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengatakan, kejuaraan tersebut sengaja digelar untuk mendorong semangat aparat desa dan kecamatan setempat. Mereka sedang berupaya mengangkat dan mempopulerkan keberadaan wahana baru di Desa Papualangi. “Mengandalkan keberadaan sungai Tolinggula yang berarus deras, dihiasi bebatuan besar, wahana arung jeram Papualangi mulai banyak peminatnya, termasuk para olahragawan penyuka tantangan,” ucap Bupati, saat membuka kegiatan tersebut, Sabtu (7/12/2019).

Kejuaraan tersebut menjadi bagian dari inovasi sektor pariwisata yang sedang dilakukan. Oleh karenanya, pemerintah kabupaten sangat mengapresiasi semangat para perangkat Desa Papualangi. Kejuaraan tersebut, menandakan adanya kemajuan yang ingin dicapai pemerintah desa dan kecamatan. Dan hal itu saat ini mulai terwujud.

Bupati Yasin menilai, arung jeram Papualangi telah berhasil memikat wisatawan berkunjung ke daerah itu. Sehingga wahana permainan ekstrem tersebut layak menjadi destinasi baru di kabupaten ini. “Daya tariknya luar biasa dan mulai membangkitkan perekonomian mikro di Kecamatan Tolinggula,” tandasnya.

Dengan potensi tersebut, Bupati Yasin menantang desa di kecamatan lain melakukan inovasi serupa. Dengan cara mengandalkan potensi yang dimiliki.

Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo Utara, Badar Pakaya mengatakan, desa memang didorong melahirkan inovasi bernilai ekonomis tinggi. Diantaranya menjamah potensi sektor pariwisata yang dampaknya sangat luas serta langsung dirasakan masyarakat. Berkat inovasi Pemerintah Desa Papualangi, sektor pariwisata di wilayah perbatasan itu memiliki daya tarik khusus. Warga bahkan menyulap rumah-rumah mereka menjadi tempat penginapan bagi para pengunjung. Banyak pelaku usaha kecil bermunculan, seperti penjual makanan.

Hal itu tentu saja, termasuk mendatangkan pendapatan bagi desa. Terlebih setelah dibukanya lokasi foto selfie di puncak Papualangi yang dinamai “Papualangi Hill”. Ke depan, pemerintah kabupaten melalui instansinya, akan mengintervensi lokasi tersebut dengan membangun sarana dan prasarana penunjang yang diperlukan. Termasuk menggalakkan program pengembangan pariwisata melalui pemberdayaan sektor lainnya dalam bentuk kerja bersama. Seperti sektor pertanian dan perkebunan, yang juga memiliki potensi sangat besar di desa itu dan desa-desa sekitarnya. (Ant)

Lihat juga...