Gubernur Sumbar: Guru Perlu Mempelajari Penggunaan Teknologi

Editor: Makmun Hidayat

PADANG — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melihat cukup banyak di daerahnya para guru yang belum bisa menggunakan teknologi ,  bahkan ada yang tidak tahu perkembangan tekonologi. Sementara kemajuan tekonologi terus muncul dari waktu ke waktu.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, mengatakan, di era sekarang penting bagi para guru untuk mempelajari penggunaan tekonologi, agar tidak kesulitan menghadapi berbagai perubahan sistem administrasi di sekolah, dan juga dalam persoalan proses mengajar. Selain terkait kepentingan sekolah, komunikasi yang menggunakan berbagai aplikasi sebenarnya juga dapat memberikan kemudahan antara siswa dengan gurunya.

Ia menyatakan alasan utama pentingnya bagi para guru untuk mempelajari penggunaan teknologi, karena akan dapat membantu guru dalam hal mendidik para siswanya. Misalnya ada tugas sekolah yang terkendala dikerjakan di rumah bagi siswanya, atas kondisi tersebut para siswa akan berpikir untuk mencoba berkomunikasi langsung dengan gurunya. Cara berkomunikasi itu, melalui teknologi, artinya perkembangan teknologi era sekarang ada manfaatnya bagi dunia pendidikan.

“Sebenarnya jika teknologi ini digunakan dengan baik, maka akan banyak manfaatnya. Seperti, bisa menambah wawasan dengan cara mengunjungi salah situs yang bisa dikatakan pustakannya di internet. Bagi guru penambahan wawasan itu harus, bukan berarti sudah menjadi guru tidak ditambah wawasannya. Setelah guru memahaminya, selanjutnya bisa ditularkan kepada siswanya,” kata guru besar Universitas Muhammadiyah Jakarta ini, dalam sambutannya di acara pertemuan kepala sekolah di Padang, Kamis (12/12/2019).

Irwan menyebutkan di Sumatera Barat bisa dikatakan hampir sabagian besar guru-gurunya mulai dari jenjang pendidikan terendah hingga ke SMA/SMK, banyak yang sudah berusia 40 tahun ke atas. Di usia tersebut, mereka tidak begitu melek dengan teknologi. Padahal, apabila bisa menyesuaikan diri dengan era yang serba canggih ini, akan banyak pengalaman yang bisa diajarkan kepada para muridnya.

“Jangankan para guru, orangtua lainnya pun begitu. Tapi bagi para guru bagi saya penting untuk mempelajari penggunaan teknologi ini. Karena kedepannya, akan dihadapi segala persoalan yang berkaitan dengan tekonologi,” ungkapnya.

Dikatakannya salah satu bentuk nyata teknologi telah merambah kebutuhan pendidikan, hadir aplikasi yang bisa digunakan para pelajar untuk belajar di rumah saja. Melalui gadget, banyak guru-guru yang dikenali oleh para pelajar, bahkan di aplikasi itu dianggap mereka lebih mudah dipahami ketimbang belajar di sekolah.

“Nah hal semacam inilah yang perlu para guru lakukan di sekolah, agar para siswa merasa terpacu untuk lebih giat lagi belajar, dengan memiliki guru yang bisa disesuaikan dengan cara pemahaman belajarnya yang di era teknologi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Adil Alfikri, mengatakan, pelatihan kepada guru terkait pemanfaatan teknologi sudah dilakukan, akan tetapi belum menyeluruh kepada para guru. Materi pun tidak begitu signifikan soal pemanfaatan teknologi dalam proses mengajar, tapi lebih ke administrasi di sekolah-sekolah.

“Tapi setidaknya dengan tahu cara itu saja, sudah bisa beriringan dengan memahami alat teknologi lainnya,” tegasnya.

Lihat juga...