Jelang Akhir Tahun Jumlah Trip Kapal dan Penumpang Melonjak

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

LAMPUNG — Posko angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020 PT ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni mencatat peningkatan perjalanan (trip) kapal dan penumpang jelang akhir tahun. Senin (23/12), rata rata hanya mencapai 40 trip perhari, naik menjadi 100 trip sejak Rabu (25/12) atau tepat saat hari raya Natal.

Hasan Lessy, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni, jumalh penumpang yang diseberangkan juga meningkat dari 23.000 menjadi 40.961 orang per hari.

“Peningkatan trip kapal dan penumpang tidak mempengaruhi sistem pembelian tiket, Hanya saja warga yang antusias memakai kapal eksekutif mengakibatkan antrean di loket pembelian,” ungkap Hasan Lessy saat dikonfirmasi Cendana News di Bakauheni, Sabtu (28/12/2019)

Kendaraan pribadi yang diseberangkan dari pelabuhan Bakauheni ke Merak pada Sabtu (28/12) disebutnya mencapai 4.756 unit, meningkan dibandingkan awal pekan Senin (23/12) hanya mencapai 2.543 unit.

Peningkatan jumlah kendaraan roda dua saat awal pekan semula hanya mencapai 567 unit naik menjadi 845 unit. Jenis bus berjumlah 167 unit, melonjak menjadi 360 unit.

“Masyarakat yang memanfaatkan liburan menggunakan kendaraan jenis bus asal Sumatera juga tercatat meningkat,” bebernya.

Meski demikian dibandingkan awal pekan jumlah penumpang pejalan kaki mengalami penurunan. Awal pekan tercatat sebanyak 5.734 orang, sebaliknya pada akhir pekan ini tercatat sebanyak 4 657 orang.

“Sebanyak 4 dermaga disediakan untuk melayani penumpang pejalan kaki meliputi 1 dermaga eksekutif dan 3 dermaga reguler,” sebutnya.

Hasan Lessy (kiri), General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni Lampung Selatan saat mengecek pelayanan pembelian tiket mandiri dengan vending machine di loket pembelian tiket penumpang pada libur Nataru 2019-2020, Sabtu (28/12/2019). Foto: Henk Widi

PT ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni disebut Hasan Lessy mulai mempersiapkan arus balik libur Nataru. Sejumlah warga yang akan bekerja pada Senin (6/1/2020) diprediksi kembali ke pulau Jawa pada Sabtu (4/1/2020) mendatang.

“Antisipasi lonjakan penumpang yang akan kembali ke pulau Jawa memakai moda transportasi kapal laut akan dilakukan di pintu masuk pelabuhan Bakauheni,” tegas Hasan Lessy.

Mengantisipasi kemacetan di pintu masuk pelabuhan jalur khusus kendaraan roda dua sudah disiapkan. Imbauan agar pengendara mengisi saldo uang elektronik yang cukup dipasang pada rest area jalan tol dan Jalinsum.

“Skenario pengalihan kendaraan dari jalan tol ke Jalinsum mulai dari gerbang tol Bakauheni Utara dilakukan mengantisipasi kemacetan di pintu masuk pelabuhan Bakauheni saat libur berakhir,” tutupnya.

Lihat juga...