Jelang Libur Akhir Tahun, Banyuasin-Palembang Macet 17 Kilometer

Ilustrasi macet [CDN]

PALEMBANG – Ruas jalan di Kota Palembang mengalami kemacetan sepanjang 17 kilometer. Hal itu terjadi, akibat membeludaknya kendaraan di libur akhir tahun ini. Kendaraan banyak yang tersendat di kondisi jalan rusak, serta perilaku bandel pengendara.

Dari pantauan pada Sabtu (21/12/2019), kemacetan didominasi dari arah Betung Banyuasin menuju Palembang. Kendaraan mulai padat merayap sejak Sabtu pagi hingga malam. Panjangnya kemacetan dimulai dari Kecamatan Sembawa KM 29 hingga KM 12 Palembang. Puncak kemacetan terjadi pada Sabtu siang. “Personel Sabtu malam masih bersiaga di sepanjang jalan untuk mengurai kemacetan, memang sepertinya hari ini puncak lalu lintas kendaraan untuk libur akhir tahun,” kata Kasatlantas Polres Banyuasin, AKP Avani Erliansyah, Sabtu (21/12/2019).

Namun mulai pukul 20.00 WIB laju kendaraan terpantau sudah padat merayap cenderung terurai, setelah 40 personel Satlantas Polres Banyuasin bersiaga penuh sejak pagi. Menurutnya, kemacetan juga dipicu serentaknya libur santri di dua pondok pesantren di sisi Jalan Lintas Banyuasin. Hal itu karena Sabtu (21/12/2019), bertepatan libur akhir pekan, sehingga banyak kendaraan menumpuk pada saat bersamaan. “Banyak kendaraan yang tidak sabar, mereka ambil sisi jalan terus ke sisi lagi, jadi semakin melebar, itulah yang buat jalan makin tersendat,” tambah AKP Avani.

Persimpangan Desa Air Batu di KM 20 Banyuasin, menjadi titik terparah kemacetan, arus kendaraan mengunci di lokasi tersebut karena kondisi jalan yang cenderung sempit, rusak, dan tebing naik-turun. “Sebenarnya kemarin jalan yang rusak sudah diperbaiki, hanya saja saat hujan datang jalannya rusak lagi karena perbaikannya tidak permanen, ini juga kami bingung jika turun hujan lagi, kami nanti akan kirim surat ke PU setempat,” jelas AKP Avani.

Sementara kendaraan yang mencoba mengambil jalur pintas di Jalan Talang Betutu ke arah Palembang juga terjebak macet, akibat pohon roboh pasca hujan deras pada Sabtu siang. Dampaknya, lalu lintas semakin tersendat pada Sabtu sore. Sedangkan di Kota Palembang, imbas kemacetan sempat mengular hingga Jalan By Pass Alang-Alang Lebar dari arah KM 12 menuju Jalan Soekarno Hatta sepanjang empat kilometer. (Ant)

Lihat juga...