Jelang Natal, 8 Gereja Prioritas di Purwokerto Mulai Dijaga

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Menjelang perayaan Natal dan tahun baru, gereja-gereja prioritas di wilayah Kota Purwokerto mulai mendapat penjagaan dari Polresta Banyumas. Total ada delapan gereja yang menjadi prioritas pengamanan. Dua personel ditempatkan pada tiap gereja dan penjagaan mulai dilakukan hingga 24 jam.

Kapolresta Banyumas, AKBP Whisnu Caraka saat ditemui di kantornya, Kamis (12/12/2019) menjelaskan tentang pengamanan Natal. -Foto: Hermiana E. Effendi

Kapolresta Banyumas, AKBP Whisnu Caraka mengatakan, pengamanan dilakukan mulai Rabu (11/12/2019) malam dan akan berlangsung hingga selesai perayaan Natal. Total ada 99 gereja di wilayah Kabupaten Banyumas yang mendapat pengamanan dan yang menjadi prioritas ada delapan gereja besar.

“Ada delapan gereja prioritas yang mulai mendapat pengamanan, gereja tersebut berada di wilayah Kota Purwokerto. Untuk wilayah pinggiran, kita juga tetap tingkatkan kewaspadaan, hingga sampai di tingkat polsek-polsek,” terang Kapolresta Banyumas, Kamis (12/12/2019).

Lebih lanjut Whisnu menjelaskan, untuk wilayah Banyumas situasi sejauh ini cukup kondusif. Sehingga untuk pengamanan Natal dan tahun baru ada sedikit pengurangan personil, namun dengan tetap tidak meninggalkan kewaspadaan.

Terkait pengamanan Natal ini, lanjut Whisnu, pihaknya juga akan melibatkan pengamanan swakarsa yang melibatkan para pemuda muslim di wilayah Banyumas. Hal ini juga dimaksudkan untuk memupuk rasa solidaritas serta toleransi.

“Kalau di kalangan Banser, sudah biasa terlibat pengamanan Natal dan hari besar lainnya, nanti akan kita perluas lagi, misalnya menyentuh kalangan Islam yang lain,” tutur Whisnu.

Sementara itu, Kabid Bina Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, R Hermawan mengatakan, mendekati perayaan Natal nanti, pihaknya juga akan mengerahkan personil untuk turut mengamankan gereja-gereja di Banyumas. Untuk setiap gereja di wilayah Kota Purwokerto, Dinhub akan menurunkan dua petugas.

“Untuk pengamanan gereja, petugas kita mulai diterjunkan mendekati perayaan natal, sekitar tanggal 21 Desember. Dan pengamanan tersebut akan berlanjut hingga pengamanan tahun baru,” jelasnya.

Untuk perayaan tahun baru sendiri, Dinhub Banyumas fokus pada tiga titik keramaian yaitu kawasan Baturaden, Alun-alun Purwokerto dan GOR Satria. Kawasan Baturaden mendapat pengamanan khusus, Dinhub menempatkan 3 petugas khusus mulai 21 Desember dan penjagaan dilakukan full selama 24 jam.

“Kita juga menerjunkan tim survey untuk memantai kepadatan arus lalu lintas, tim survey ini ditempatkan di wilayah Kecamatan Wangon dan di kawasan jembatan timbang, Ajibarang,” pungkasnya.

Lihat juga...