Jelang Operasi Lilin Polres Tapin Cek Sarana dan Prasarana Patroli

Ilustrasi petugas kepolisian bersiaga mengikuti apel pasukan - Foto Ant

BANJARMASIN – Jajaran Polres Tapin, Polda Kalimantan Selatan, melakukan pengecekan seluruh unit kendaraan bermotor patroli. Hal itu dilakukan, menjelang kegiatan Operasi Kepolisian Terpusat yang bersandi “Ops Lilin 2019”.

Operasi Lilin 2019, digelar untuk pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kapolres Tapin, AKBP Eko Hadi Prayitno mengatakan, kesiapan sarana kendaraan bermotor penting. Keberadaanya, untuk memastikan tidak ada kendala dalam mobilitas anggota melakukan patroli. “Selama Operasi Lilin, tentunya intensitas patroli ditingkatkan dari biasanya. Maka dari itu, kendaraan bermotor operasional harus siap tempur dan tidak boleh ada yang mengalami masalah hingga tak bisa digunakan,” ujarnya, di Rantau, Kamis (5/12/2019).

Untuk Operasi Lilin nanti, polisi akan fokus mengamankan tempat ibadah, dan arus lalu lintas yang diprediksi ramai selama musim libur akhir tahun. “Pastinya ada masyarakat yang mudik ke kampung. Apalagi Kabupaten Tapin termasuk wilayah perlintasan yang berada di tengah-tengah Kalimantan Selatan. Sehingga akan banyak dilalui pengendara ketika musim mudik,” tambah Eko.

Selain menjamin keamanan dan kelancaran arus lalu lintas, polisi juga mengantisipasi tindak kejahatan jalanan. Termasuk pengamanan tempat rekreasi, yang diprediksi akan mengalami peningkatan kunjungan. Tidak hanya masyarakat yang mendapat pengamanan, Eko juga memastikan personelnya agar meningkatkan kewaspadaan di lapangan ketika bertugas.

Penerapan body sistem wajib dilakukan, untuk keamanan petugas di lapangan. “Aksi teror dapat mengancam keselamatan personel dan juga masyarakat. Jadi hal ini patut diantisipasi sejak dini agar kita tak kecolongan,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...