Jelang Pergantian Tahun, Pedagang Jagung dan Ikan Panen

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Jelang malam pergantian tahun baru 2020 pedagang jagung dan ikan dibanjiri pembeli. Banyak bermunculan lapak baru di pinggir jalan atau di pasar wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat.

Banyak warga siap melewatkan malam pergantian tahun dengan berkumpul bersama keluarga di rumah atau tempat tertentu. Di Kota Bekasi, malam ini tidak memberlakukan car free night .

“Jagung banyak diburu, sekali warga beli bisa sampai sepuluh kilo atau lebih. Kami buat belanja stok hampir lima kuintal, sekarang sudah hampir habis,” kata Tirta penjual jagung di pasar Jatiasih, Kota Bekasi, kepada Cendana News, Selasa (31/12/2019).

Tirta mengaku menjual jagung dari daerah Cianjur dengan harga Rp12 ribu/Kg dengan isi tiga buah jagung. Dia membuka tempat khusus baru untuk lapak jagung di halaman muka pasar Jatiasih, satu deretan dengan pedagang petasan dan kembang api untuk persiapan malam tahun baru.

Selain jagung ikan pun tak lepas dari buruan warga untuk persiapan menyambut malam pergantian tahun. Terutama jenis ikan baronang, bawal laut, mubara dan ikan tongkol. Harga ikan pun mengalami lonjakan dibanding hari biasa.

“Harga ikan rata-rata naik, Rp10 ribu dibanding harga biasa. Naiknya harga sudah dari bandarnya,” kata Ibu Sati penjual ikan di pasar Jatiasih.

Ibu Sati penjual ikan di Pasar Jatiasih, ditemui Cendana News, Selasa (31/12/2019) – Foto: Muhammad Amin

Menurutnya ikan paling diminati warga ikan bawal laut, tongkol dan mubara. Untuk ikan baronang tidak banyak peminatnya tapi ada juga yang belanja jika dibanding hari biasa.

“Alhamdulillah banyak banget yang belanja ikan dan cumi cumi. Untuk harga mulai dari Rp70 ribu hingga Rp90ribu tergantung jenis ikannya,” tukas Ibu Sati.

Pantauan Cendana News, di Kota Bekasi Jawa Barat pedagang jagung siap bakar menjamur hampir di seluruh jalan wilayah setempat yang dijajakan di sepanjang jalan dan gang. Selain jagung juga banyak menjual arang dan persiapan lainnya menyambut malam pergantian tahun baru.

Sebelumnya, Waka Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Eka Mulyana, menyebutkan bahwa ada sembilan titik di wilayah Kota Bekasi untuk pusat pesta kembang api.

Lokasi tersebut meliputi Galaxi Bekasi Selatan, Harapan Indah di Medansatria, Pondokgede, Lagoon serta wilayah Cibubur.

Lihat juga...