Jemaat Gereja Katolik Santo Kristoforus Curhat pada Gubernur DKI

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

JAKARTA — Saat mengunjungi Gereja Katolik Santo Kristoforus, Grogol, Petamburan, Jakarta Barat, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswadan mendapati permasalahan banjir yang kerap melanda gereja tersebut setiap datang musim penghujan.

“Di tempat ini, gereja ini selalu kebanjiran setinggi 30-40 centimeter. Nama Kristoforus sendiri adalah seorang santo yang selalu menyeberangkan orang pada saat banjir besar,” kata Romo Servi kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswaden yang mengunjungi lokasi tersebut, Selasa (24/12/2019).

Pihak gereja menunjukan beberapa foto banjir, ditayangkan pada sebuah layar di dalam gereja. Romo Servi pun menyampaikan permohonan agar Anies bisa memperbaikinya dan menciptakan rumah ibadah yang nyaman.

“Kami sampaikan harapan dari umat berjumlah 12 ribu. Kami berharap bisa beribadah di tempat yang baik,” kata Romo Servi.

Wakil Keuskupan DKI Romo Antonius Suyadi menambahkan, Anies merupakan kepala daerah pertama yang menyambangi gereja tersebut.

“Selama puluhan tahun berdiri, belum ada kepala daerah yang bisa menyempatkan diri untuk menjalin tali silaturahmi dengan jemaat gereja. Kami berharap Jakarta menjadi tempat luar biasa bagi kerukunan umat beragama,” tutur Antonius.

Sementara itu, Anies yang menjawab curhatan soal banjir itu berjanji akan memperbaiki gereja tersebut. Secara khusus, ia meminta Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi dan Sekda DKI Saefullah untuk mempermudah izin renovasi bantuan.

“Katanya mau ada renovasi, ini ada Pak Sekda, Pak Wali Kota, kami siap membantu agar perizinannya (renovasi) bisa dipermudah. Doakan juga agar air tidak masuk lagi.

Ia juga berharap Jakarta bisa bebas bencana banjir.

“Semoga nanti hanya tinggal cerita sejarah bahwa di sini pernah ada banjir,” tutur Anies.

Lihat juga...