Jokowi Sebut ‘Super Deduction Tax’ Mulai Diberlakukan 2020

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Selain infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia (SDM) merupakan bagian dari agenda besar pemerintahan Presiden Joko Widodo di periode kedua ini.

Untuk mewujudkan SDM yang unggul pemerintah membutuhkan kerja sama dari banyak pihak, termasuk sektor swasta.

Dalam arahannya pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) RPJMN 2020-2024, Jokowi mengatakan mulai tahun depan, akan ada program super deduction tax atau pengurangan pajak bagi perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam pembangunan SDM.

“Yang melakukan pelatihan-pelatihan untuk memperbaiki sumber daya manusia kita, dan hasilnya kelihatan akan mendapatkan pengurangan pajak. Saya minta di daerah juga mendorong dan menginformasikan hal ini,” ungkap Presiden.

Menurut Jokowi kebijakan super deduction tax telah diberlakukan di banyak negara. Dan sudah saatnya Indonesia memberlakukan hal yang sama di tahun depan.

Hal lain yang akan dilakukan pemerintah untuk membangun SDM adalah menurunkan angka stunting. Berdasarlan informasi dari Bank Dunia, 54 persen tenaga kerja Indonesia terkena stunting. Fakta tersebut menjadi catatan penting.

Kemudian berdasarkan data yang disampaikan Presiden, lima tahu lalu angka stunting di Indonesia mencapai 37 persen. Sekarang sudah turun menjadi 28 persen. Dan lima tahun kedepan ditargetkan kembali turun sampai 14 persen.

“Hati-hati dengan ini. Pemerintah daerah harus ikut andil di sini. Terutama daerah yang peta stunting-nya merah. Meskipun di dalam perencanaan targetnya 19 persen, tapi saya ngga mau, saya minta turun sampai 14 persen. Sekali lagi Presiden minta 14 persen,” tegas Jokowi.

Untuk mencapai target itu, pemerintah akan menunjang gizi dan protein anak-anak dan balita dengan menyalurkan makanan-makanan bergizi kepada mereka. “Susu, kacang ijo bagi semua. Ayam juga bagi. Ayam harganya sudah murah kok. Kalau urusan mendasar ini selesai baru kita bicara lebih jauh soal pendidikan,” ujar Jokowi.

Lihat juga...