Kabupaten Purbalingga Dapat Kado Istimewa

Editor: Koko Triarko

PURBALINGGA – Peringatan HUT ke-189 Kabupaten Purbalingga, mendapat kado istimewa dengan adanya 7 penghargaan yang berhasil diraih sepanjang 2019. Penghargaan tersebut tidak lepas dari kerja keras jajaran Pemkab Purbalingga dan masyarakat.

Tujuh penghargaan yang diraih tersebut, yaitu, penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan RI.

Kemudian penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN), Kabupaten Peduli Hak Azasi Manusia, Penghargaan Abiwara Pariwisata Tingkat Jawa Tengah,  Penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jateng dalam Keterbukaan Informasi Publik.

Dan, bersamaan dengan perayaan HUT ke-189 Kabupaten Purbalingga yang jatuh pada Rabu (18/12/2019), Purbalingga juga menerima penghargaan Nugraha Satya Bhakti Budaya dari Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia (LKNI).

“Kita sangat bersyukur dengan diraihnya 7 penghargaan sepanjang tahun ini, dan ini menjadi kado istimewa dalam perayaan HUT Kabupaten Purbalingga kali ini,” kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, di Pendopo Dipokusuma, Rabu (18/12/2019).

Lebih lanjut Bupati Tiwi menyampaikan, penghargaan opini WTP tahun ini merupakan yang ke tiga kalinya diterima Purbalingga. Ia berharap, prestasi ini bisa terus dipertahankan di tahun mendatang.

Dan, bersamaan dengan peringatan HUT Kabupaten Purbalingga, Tiwi mengajak seluruh masyarakat Purbalingga untuk mengucapkan rasa syukur atas berbagai hal yang diterima sepanjang 2019.

Peringatan hari jadi ini, lanjutnya, sekaligus juga sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada para pemimpin sebelumnya, yang sudah mengantarkan Kabupaten Purbalingga ke pintu gerbang kemakmuran.

Terkait pemberian penghargaan Nugraha Satya Bhakti Budaya dari LKNI, Ketua LKNI Pusat, Titik Sudarwoto yang hadir dan menyerahkan langsung penghargaan kepada Bupati Purbalingga, mengatakan, penghargaan tersebut merupakan penghargaan dalam bidang seni, budaya dan pariwisata. Dari pengamatan LKNI, selama ini Kabupaten Purbalingga cukup memberikan perhatian kepada tiga bidang tersebut.

“Dari pengamatan kami di LKNI, Kabupaten Purbalingga sangat memberi perhatian kepada seni, budaya dan pariwisata, karena itu penghargaan Nugraha Satya Bhakti Budaya pantas diberikan kepada Purbalingga,” tuturnya.

Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur, dalam peringatan HUT Kabupaten Purbalingga, Bupati memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh yang dianggap sudah membantu pemkab. Antara lain beberapa tokoh agama, tokoh masyarakat , kalangan pendidik serta perusahaan di Purbalingga.

Lihat juga...