Kaltim Dapat Sertifikat IG Lada Putih Malonan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SAMARINDA – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) resmi memperoleh sertifikat Indikasi Geografis (IG) Lada Putih Malonan dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad, menjelaskan, sertifikasi indikasi geografis salah satu upaya untuk melindungi produk suatu daerah agar tidak diklaim dan dipatenkan daerah lain.

“Dengan perlindungan ini akan diperoleh manfaat seperti memperjelas identifikasi produk dan menghindari praktik persaingan curang. Sekaligus memberikan perlindungan konsumen dan penyalahgunaan reputasi indikasi geografis,” ungkapnya, Senin (30/12/2019).

Lada asli Kaltim merupakan varietas unggul nasional yang dinamakan Malonan 1, memiliki sejumlah keunggulan diantaranya mengandung minyak atsiri sebesar 2,35 persen, oleoserin 11,23 persen dan piperin 3,82 persen.

Atau lebih tinggi dari oleoserin dan piperin. Lada putih varietas Petaling 1  hanya 10,66 persen dan 3,03 persen. Termasuk juga lada Enteng dengan kandungan minyak atsiri 2,90 persen, piperin 3,96 persen dan oleserin 12,59 persen.

Sedangkan lada hitam Kaltim memiliki kandungan minyak atsiri 2,61 persen, oleoserin 15,60 persen dan piperin 3,18 persen atau lebih tinggi dari oleoserin dan piperin, lada hitam varietas Natar 1 (11,29 persen dan 2,35 persen).

“Malonan 1 memiliki toleransi terhadap penyakit busuk pangkal batang dan mampu berproduksi sepanjang tahun dengan rata-rata produksi 2,17 ton/hektare per tahun,” sebutnya.

Dia menambahkan, nama Lada Putih Malonan mulai diajukan dengan melibatkan Disbun Kutai Kartanegara sejak tahun 2018.

Sertifikat diberikan berdasarkan hasil kajian yang dilakukan Tim Ahli Indikasi Geografis Ditjen HKI secara berjenjang, yakni dari segi kepemilikan produk khas yang dimiliki daerah (Kutai Kartanegara) berupa lada putih Malonan melalui dokumen permohonan yang telah diajukan.

“Kami mengapresiasi partisipasi Disbun Kukar dan Kanwil Kemenhumkam Kaltim dalam upaya mendapatkan pengakuan pemegang hak atas indikasi geografis lada putih Malonan ini,” tutupnya.

Lihat juga...