Kampung Homestay Tamanmartani Mulai Terapkan Promosi Berbasis Android

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Koperasi Tamanmartani Sejahtera selaku pengelola Kampung Homestay Damandiri tak henti melakukan sejumlah inovasi di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani.

Manager Usaha Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Sigit Suryadi, saat ditemui di balai desa Tamanmartani Rabu (04/12/2019). (Foto Jatmika H Kusmargana)

Sebagai upaya mempromosikan homestay milik warga, sekaligus mendongkrak jumlah tamu, pihak pengelola dalam waktu dekat ini akan mulai menerapkan teknologi berbasis android.

Hal itu dilakukan menyusul kerjasama Koperasi Tamanmartani Sejahtera dengan pihak penyedia jasa layanan pemesanan hotel/penginapan berbasis online. Sebelumnya pihak pengelola sendiri hanya mempromosikan homestay melalui website koperasi.

“Dalam waktu dekat ini kita akan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk menghubungkan homestay ke penyedia jasa layanan pemesanan hotel/penginapan berbasis online,” ujar Manager Usaha Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Sigit Suryadi, Rabu (04/12/2019).

Sigit mengatakan, dengan kerjasama itu nantinya akan diterapkan pembagian hasil antara warga selaku pemilik homestay, koperasi selaku pengelola dan penyediaan jasa pemesanan online selaku pihak yang mencari dan mendapatkan tamu/konsumen.

“Selama ini pembagian hasil 75 persen untuk pemilik homestay dan 25 persen untuk koperasi. Nah, dengan kerjasama baru ini, sebanyak 15 persen dari hasil harus disetor ke penyedia jasa layanan pemesanan online,” katanya.

Untuk meminimalisir penurunan pendapatan para pemilik homestay, pihak Koperasi pun mengambil kebijakan baru. Dimana jatah pembagian untuk koperasi dikurangi dari sebelumnya 25 persen menjadi hanya 9-10 persen saja. Dengan begitu para pemilik homestay akan mendapatkan jatah sebesar 70 persen.

“Untuk tarifnya tetap sama yakni Rp150ribu per kamar per malam,” katanya.

Meski mulai bekerja sama dengan pihak penyedia jasa layanan pemesanan hotel/penginapan online berbasis android, namun setiap pemilik homestay masih tetap bisa menerima tamu secara langsung ataupun melalui promosi yang mereka lakukan secara mandiri.

Dengan begitu diharapkan tingkat kunjungan tamu ke homestay milik warga akan bisa terus meningkat. Tidak hanya berasal dari satu sumber promosi saja. Sehingga pendapatan dan kesejahteraan warga di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani pun juga akan semakin meningkat.

Lihat juga...