Kapolda Bali Pantau Kondisi dari Udara

Editor: Koko Triarko

DENPASAR – Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus R. Golose, melakukan kegiatan patroli udara demi memastikan pengamanan menyambut malam tahun baru 2020. Patroli udara tersebut menggunakan Helikopter Bell-429/P-3202, dengan tujuan beberapa objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, seperti Tabanan Tanah Lot, Jimbaran, Sanur dan Kuta.

Kapolda Bali  Kapolda Bali, Irjen Pol. Petrus R. Golose, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sekaligus mengecek situasi arus lalu lintas dan lokasi-lokasi yang akan dilaksanakan acara penyambutan malam tahun baru 2020.

“Dan, kita ketahui bersama, banyak masyarakat dan wisatawan yang merayakannya di Bali,” katanya, saat ditemui usai giat patroli udara yang berakhir di Mako Brimob Polda Bali, Tohpati, Denpasar, Selasa (31/12/2019).

Menurutnya, hHari ini juga bertepatan dengan libur sekolah, di mana masyarakat Bali banyak yang keluar bersama keluarga untuk mengunjungi tempat-tempat wisata atau tempat keramaian lainnya.

“Sepanjang jalur yang kami lalui saat melaksanakan patroli, tidak ditemukan adanya kemacetan, terpantau lancar,” ujarnya.

Sementara itu, H-1 menjelang pergantian tahun baru kepadatan arus jalan yang menuju pantai Kuta terus ramai dipadati kendaraan roda empat.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus tersebut, pihak Satlantas Polresta Denpasar berencana akan menutup beberapa ruas jalan menuju pantai paling favorit di Bali ini.

Kasat Lantas Polresta Denpasar, AKP Adi Sulistyo Utomo, mengungkapkan penutupan arus lalin kendaraan menuju Pantai Kuta akan dilakukan hari ini, dimulai sejak pukul 16.00 Wita. Sebelum dilakukan penutupan, dilakukan sterilisasi terhadap kendaraan yang parkir di sejumlah ruas jalan yang bebas kendaraan. Sterilisasi kendaraan dilakukan pukul 14.00 Wita.

“Semua akses jalan menuju Pantai Kuta ditutup sampai situasi kondusif setelah pergantian tahun. Kendaraan hanya bisa sampai di jalan Dewi Sri sampai jalan Patih Jelantik. Kendaraan yang melintas pada kedua ruas jalan itu yang terjebak akan mengikuti ruas lalin pengalihan,” jelasnya.

Sementara di jalan Singosari mulai dari Simpang Pasar Seni sampai jalan raya Kuta, arus lalinnya diubah. Semula arus lalin dari arah timur ke barat dibalik dari barat ke timur. Tujuannya untuk pengalihan arus dari jalan Kartika Plaza, sehingga tak terjadi kepadatan di Simpang Bemo Corner.

“Selain di Pantai Kuta, event besar juga terjadi objek wisata patung Garuda Wisnu Kencana, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan dan Denpasar Festival. Pada kedua tempat ini untuk sementara belum dipastikan ditutup atau tidak. Nanti dilakukan secara situasional. Kalau tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan, kami rekayasa lalin,” tegasnya.

Pihaknya meminta kepada pengendara khususnya di kawasan tiga titik keramaian tersebut, untuk mematuhi rambu yang dipasang. Nantinya jajaran Satlantas Polresta Denpasar sebagian besar akan menyebar pada tiga tempat tersebut.

Lihat juga...