Ketua DPRD Banyumas Klaim Kinerja Dewan, Meningkat

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – DPRD Banyumas masa bakti 2019-2024, membuktikan janjinya untuk meningkatkan kinerja. Di bawah kepemimpinan dr. Budhi Setiawan, pasukan DPRD yang baru bertugas selama empat bulan ini lebih disiplin, terbukti tingkat kehadiran selalu di atas 90 persen.

“Setiap kali kita menggelar paripurna, anggota DPRD yang hadir pasti lebih dari 45 orang dari total jumlah anggota 50 orang. Pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) juga berjalan dengan cepat,” kata Ketua DPRD Banyumas, dr. Budhi Setiawan, Senin (30/12/2019).

Sebagai perbandingan, DPRD periode sebelumnya jika menggelar paripurna untuk mencapai tingkat kehadiran 50 persen saja, harus menunggu hingga waktu dimulainya rapat terpaksa molor.

Ketua DPRD Banyumas, dr. Budhi Setiawan saat menjelaskan tentang kinerja DPRD di ruang kerjanya, Senin (30/12/2019). –Foto: Hermiana E. Effendi

Lebih lanjut, dr. Budhi menjelaskan, dalam kurun waktu empat bulan ini DPRD juga sudah menyelesaikan 10 raperda warisan DPRD periode sebelumnya yang belum selesai dibahas. Antara lain, raperda tentang penyertaan modal PDAM, narkotika, SOTK baru, reklame dan lainnya.

Dan, saat ini DPRD juga tengah menyiapkan raperda-raperda yang akan dibahas pada masa sidang berikutnya. Untuk masa sidang ke dua dimulai Januari hingga April 2020. Raperda prioritas akan dibahas di awal.

“Kita lakukan inventarisir, dan untuk raperda lama yang belum selesai, kita prioritaskan dibahas yang penting dan mendesak, begitu pula dengan pembahasan raperda di masa sidang ke dua nanti. Sehingga pembahasan raperda ada skala prioritas, meskipun pada akhirnya semua harus diselesaikan,” terangnya.

Ketua Dewan mengakui, jika anggotanya saat ini lebih disiplin, bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas, tepat waktu dan rajin ke kantor.

Budhi mengaku sangat mengapresiasi kinerja DPRD sekarang, dan berharap semangat yang sudah terbangun tidak akan luntur, tetapi justru lebih ditingkatkan di tahun depan.

“Saya berharap jangan karena masih baru sehingga rajin, tetapi untuk seterusnya kinerja dan displin yang sudah bagus ini terus ditingkatkan, sehingga produk-produk Peraturan Daerah (Perda) yang dihasilkan DPRD, tepat waktu dan membawa manfaat bagi masyarakat Banyumas,” kata dr. Budhi.

Sementara itu, anggota Komisi 1 DPRD Banyumas, Lulin Wisnu Prajoko, mengatakan kedisiplinan yang terbangun di kalangan anggota DPRD tidak lepas dari contoh konkrit yang diberikan para pimpinan. Pimpinan dewan juga selalu hadir tepat waktu dan memperhatikan jadwal-jadwal rapat maupun paripurna.

“Terus terang ini juga berkat teladan yang diberikan ketua DPRD dan pimpinan lainnya, sehingga selaku anggota kita menjadi tidak enak atau tidak nyaman jika datang terlambat atau absen dari tugas. Berawal dari rasa tidak enak atau sungkan ini, kemudian menjadi kebiasaan positif,” kata Lulin.

Lihat juga...