Koperasi Argomulyo Kembangkan Sektor Perikanan Lewat Program Damandiri

Redaktur: Muhsin E Bijo Dirajo

Manager Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Gatot Nugroho saat ditemui di kantornya Kamis (12/12/2019). Foto: Jatmika H Kusmargana

YOGYAKARTA — Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo terus melakukan terobosan untuk menggerakkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan warga miskin di Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

Salah satu terobosan baru yang akan dijalankan dalam waktu dekat ini adalah di bidang perikanan. Besarnya potensi yang belum tergarap secara maksimal di Argomulyo menjadi pertimbangan Koperasi memilih pengembangan sektor ini.

Manager Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Gatot Nugroho, mengatakan pihaknya memanfaatkan program baru dari Yayasan Damandiri yakni Modal Kita dan Toko Tani Kita untuk mendukung pengembangan sektor perikanan di Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo.

“Kita akan memfasilitasi para petani ikan di Argomulyo ini. Nanti koperasi akan bantu mereka mengembangkan usaha perikanan dengan memanfaatkan program dari Yayasan Damandiri,” ujarnya kepada Cendananews, Kamis (12/12/2019).

Gatot menyebutkan, pengembangan sektor perikanan di Argomulyo ini nantinya akan fokus pada budidaya ikan nila dengan sistem teknologi kincir. Dimana seluruh kebutuhan modal, mulai dari bibit, pakan hingga alat akan bersumber dari Modal Kita, yang dikelola koperasi.

“Jadi nanti para petani ikan akan disuplai bibit dari koperasi, kebutuhan pakannya juga dari koperasi, begitu panen nanti ikannya juga akan dibeli oleh koperasi. Semua akan memanfaatkan dana pinjaman dari Modal Kita yang bersinergi dengan Toko Tani Kita,” katanya.

Dengan sistem tersebut para petani ikan di Argomulyo tidak perlu lagi mengeluarkan modal besar secara mandiri. Mereka akan bisa langsung menjalankan usaha budidaya ikan nila, dan mendapatkan keuntungan setiap kali panen.

“Dengan tambahan penghasilan dari sektor perikanan tersebut diharapkan kesejahteraan masyarakat pun akan semakin meningkat,” pungkasnya.

Lihat juga...