Koperasi Dorong Pengembangan Usaha Peternakan Sapi di Argomulyo

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Keberhasilan usaha demplot ternak sapi yang dikembangkan Yayasan Damandiri di kelompok ternak Ngudi Rejeki,  memacu Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo selaku pengelola untuk terus mengembangkan usaha peternakan di dusun Kaliberot, Argomulyo, Sedayu, Bantul. 

Koperasi binaan Yayasan Damandiri itu bahkan telah berencana menambah jumlah ternak sapi warga, agar usaha mereka bisa makin maju dan berkembang. Namun tidak seperti sebelumnya, pemberian modal berupa sapi ini akan diberikan dalam bentuk pinjaman.

“Kalau program sebelumnya itu, yayasan memberikan modal berupa sapi dalam bentuk hibah. Koperasi hanya mendapatkan komisi bagi hasil saat sapi itu sudah beranak dan bisa dijual. Tapi untuk program selanjutnya, sapi kita berikan dalam bentuk pinjaman,” ujar Manajer Usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Rita Kurnia, belum lama ini.

Manajer Usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Rita Kurnia. –Dok: CDN

Menurut Rita, upaya tersebut dilakukan sebagai salah satu strategi koperasi untuk melatih para peternak di Desa Argomulyo, agar bisa mandiri. Dengan mengajukan pinjaman modal usaha dalam bentuk sapi, warga diharapkan juga bisa lebih serius dan semangat dalam merawat ternaknya.

“Arahnya memang ke situ. Agar para peternak bisa lebih mandiri. Tidak tergantung bantuan hibah. Selain itu, peternak pasti juga akan lebih serius dalam merawat dan mengelola usaha ternak mereka secara maksimal. Karena ternak sapi itu akan menjadi milik mereka sepenuhnya,” katanya.

Yayasan Damandiri melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor peternakan, dengan membentuk usaha demplot ternak sapi di kelompok ternak Ngudi Rejeki, Dusun Kaliberot, Argomulyo, sejak 2017.

Sebanyak 15 ekor sapi betina diberikan Yayasan Damandiri sebagai modal usaha para peternak. Setelah beberapa tahun berjalan, belasan sapi itu saat ini telah berhasil berkembang. Ditandai dengan lahirnya sejumlah anakan sapi yang bisa dijual, sehingga menjadi tambahan penghasilan bagi warga.

Lihat juga...