hut

Kreasi Pohon Natal Berbasis Daur Ulang Sampah

JAYAPURA – Sejumlah warga yang berdomisili di Kota Jayapura, Provinsi Papua menampilkan 400 pohon natal hasil daur ulang sampah mewarnai momentum gerbang Natal portnumbay yang berlangsung di Taman Imbi, Minggu.

Tak hanya pohon Natal, remaja hingga anak-anak juga menampilkan pakaian hasil olahan beragam sampah plastik di depan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano beserta para forkompimda kota setempat yang hadir pada momentum akbar ini.

Pakaian dari daur ulang sampah itu beragam diantaranya jas, gaung, dan topi. Beragam sampah yang didaur ulang diantaranya kantong plastik, botol plastik dan karung goni.

“Hari ini warga Jayapura memamerkan pohon Natal berbahan daur ulang beragam sampah, dan Kota Jayapura kembali meraih rekor muri daur ulang sampah,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Ketty Kailola.

Menurut Ketty, sampah yang berhasil dikumpulkan oleh warga untuk didaur ulang di bank sampah Kota Jayapura sebanyak lima ton. Dari lima ton sampah plastik yang dikumpulkan, didaur ulang menjadi pohon natal, dan beragam busana pakaian yang terbuat dari sampah plastik.

Rekor MURI yang diterima terkait tingginya partipasi masyarakat dalam pengolahan sampah plastik di Kota Jayapura. Ke depan partisipasi masyarakat dalam pengolahan sampah ini dapat ditingkatkan.

“Hari ini juga kita dapat rekor MURI daur ulang sampah untuk menjadi pohon Natal sebanyak 400 pohon dengan beragam bentuk,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olaharga (Dispora) Kota Jayapura, Rocky Bebena selaku ketua panitia pelaksana gerbang Natal portnumbay

Di sela-sela momentum ini juga, kata dia penyerahan museum rekor MURI RI tentang pengolahan sampah di Kota Jayapura. Mudahan-mudahan gerbang Natal portnumbay ini betul-betul menjadi inspirasi bagi warga untuk hidup bersih dalam menjaga Kota Jayapura yang dicintai bersama.

Selain itu, tambah dia menjaga kebersihan Kota Jayapura dengan membiasakan diri untuk tidak membuang sampah pada tempatnya. (Ant)

Lihat juga...