KUD Gemah Ripah Kembangkan Komoditas Kedelai Jepang

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Koperasi Unit Desa (KUD) Gemah Ripah sebagai pengelola Desa Cerdas Mandiri Lestari, Trirenggo, Bantul, melakukan terobosan baru dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani.  Terobosan itu dengan membuat lahan percontohan (demplot) penanaman komoditas kedelai asal Jepang, Edamame, yang dinilai memiliki keunggulan dan keuntungan lebih tinggi dibandingkan komoditas pertanian lainnya. 

Manajer Umum KUD Gemah Ripah Trirenggo, Bantul, Ambyah, menyebut kedelai Edamame saat ini memang sedang marak dibudidayakan di Indonesia. Kedelai Jepang ini banyak dilirik petani, karena nilai jualnya yang lumayan tinggi.

“Saat ini kedelai Edamame ini memang sedang tren di kalangan petani. Sering disebut juga kedelai Jepang. Melihat peluang itu, kita pun mencoba membuat demplot atau percontohan untuk para petani di Trirenggo,” katanya sat ditemui di kantor koperasinya , Sabtu (21/12/2019).

Manajer Umum KUD Gemah Ripah Trirenggo, Bantul, Ambyah, di kantor KUD Gemah Ripah. –Dok: CDN

Koperasi Gemah Ripah membuat lahan percontohan atau demplot kedelai Edamame seluas 1 hektare di lahan persawahan Desa Cerdas Mandiri Lestari, Trirenggo. Saat ini, kedelai Edamame yang ditaman sudah berusia sekitar 1-2 minggu.

“Kita sudah kerja sama dengan pihak distributor yang nanti akan membeli hasil panen kedelai Edamame ini. Sehingga, petani tidak perlu bingung. Begitu panen, hasil bisa langsung dijual ke pabrik melalui koperasi,” ungkapnya.

Menurut Ambyah, penanaman kedelai Edamame di Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo ini merupakan sebuah terobosan baru, karena baru pertamakali dilakukan di wilayah Bantul. Jika percontohan ini berhasil, pihaknya mengaku akan mengembangkannya ke lahan yang lebih luas lagi.

“Tujuan kita tak lain adalah untuk memberikan alternatif bagi petani. Agar tidak monoton hanya menanam padi saja. Dengan nilai jual lebih tinggi, hasilnya juga bisa untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” pungkasnya.

Lihat juga...